Singkawang. Dalam rangka melihat secara langsung kegiatan belajar mengajar di sekolah, Pengawas PAK Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, I Putu Yayan Charles, S.Th melakukan monitoring KBM ke SMP – SMA Advent Singkawang, Kamis (05/11). Kedatangan beliau diterima langsung oleh Pdt. Glory W. selalu kepala sekolah SMA Advent, Pdt. Max Tinenti, S.Th, guru PAK SMA, dan Hermina, S.Fil, Guru PAK SMP Advent serta beberapa guru lain dan staf TU.

Berdasarkan hasil monitoring dilapangan bahwa sekolah menerapkan pembelajaran Daring dan Luring. Untuk Daring, Guru memanfaatkan aplikasi Whatsapp. Sedangkan Luring dilakukan dengan metode Guru mendatangi peserta didik secara berkala. Dikarenakan peserta didik berasal dari daerah berbeda dan sulit jaringan, maka guru mendatangi peserta didik sampai ke daerah Sekadau, Sanggau, Landak dan daerah lain. Sedangkan kendala yang dialami adalah Fasilitas android pada peserta didik. Ada yang belum memiliki, ada yang memiliki namun kapasitas RAM rendah sehingga tidak bisa menunjang aplikasi pembelajaran. Akan tetapi, pihak sekolah senantiasa mendukung secara maksimal pembelajaran PAK.

Pada kesempatan ini, I Putu Yayan Charles mengingatkan warga sekolah untuk meningkatkan hidup bersama dalam keberagaman dengan damai. Untuk guru PAK diharapkan dapat mengembangkan materi/media pembelajaran dan dapat nantinya menjadi kredit poin pengembangan diri guru PAK serta aktif dalam kegiatan MGMP. “Pembelajaran hendaknya tidak terfokus pada ketuntasan pembelajaran, tapi juga harus memperhatikan dampak pembelajaran sehingga aspek karakter dan kecakapan siswa dapat ditumbuhi kembangkan,” ujarnya.(DH/skw)