Singkawang. Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Azhari, S.Ag, M.Si dan Penyelenggara Katolik, Elisabet Eli Yohanis, S.Pd beserta staff melakukan monitoring Keagamaan Penyelenggaraan Ibadah dalam rangka Peringatan Kenaikan Isa Almasih pada masa pandemi Covid 19 di Gereja Katolik Santo Fransiskus Assisi Singkawang Barat dan Gereja Katolik Santa Maria Singkawang Timur, Selasa (11/05).

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Menteri Agama Nomor: SE. 08 Tahun 2021 tentang Panduan Penyeleggaraan Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Almasih, Menteri Agama mengeluarkan panduan pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah yang diharapkan dapat mencegah risiko penyebaran Covid-19 dengan tetap memperhatikan aspek spiritualitas umat Katolik. Dalam rangka mendukung kerja pemerintah dalam memerangi penyebaran virus Covid-19, maka Kantor Kemenag Kota Singkawang mengadakan monitoring keagamaan untuk mensosialisasikan pedoman dan melihat berbagai aspek penunjang Ibadah di dua buah Gereja Katolik yang ada di Kota singkawang untuk dapat melaksanakan pedoman penyelenggaraan Ibadah dalam surat edaran tersebut.

Monitoring dilakukan dengan mengunjungi kedua Gereja yang pertama Gereja Katolik Santo Fransiskus Assisi Singkawang Barat dan kemudian dilanjutkan keĀ  Gereja Katolik Santa Maria Singkawang Timur. Dalam kegiatan monitoring ini para petugas gereja di berikan sosialisasi terkait pedoman yang di edarkan. Dari hasil kegiatan monitoring yang dilaksanakan di kedua Gereja Kaolik tersebut, bahwa kedua Gereja Katolik tersebut sudah melaksanakan Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan disetiap kegiatan peribadatan di hari besar maupun kegiatan Ibadah setiap hari minggunya, Pelaksanaan protokol yang di terapkan sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Ibadah peringatan kenaikan Isa ALmasih yang di terbitkan berdasarkan surat edaran Menteri agama Nomor: SE. 08 Tahun 2021 yang di sosialisasikan.

Seluruh pihak berharap agar rantai penyebaran Corona Virus dapat diputus dengan dilakukannya pencegahan dengan mengikuti dan mematuhi panduan protokol Kesehatan yang dianjurkan.(Rian/skw)