Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sanggau membuka pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ajaran 2019 / 2020.  Masa  PSB itu sendiri selama 3 hari mulai Senin 20 Mei s/d Rabu 22 Mei 2019. Terlihat saat hari pertama pembukaan pendaftaran PSB, para siswa yang didampingi orang tuanya nampak ramai mengantre untuk memperoleh nomor urut pendaftaran.

Kepala MTs Negeri 1 Sanggau Johansyah,S.Ag menyampaikan bahwa dalam PSB ini test yang dilakukan meliputi seleksi administrasi dan ujian membaca Al Qur’an. Seleksi administrasi dilakukan untuk menjamin bahwa pendaftar  benar-benar telah lulus pendidikan dasar SD/MI. Sedangkan ujian membaca Al Quran terkait dengan kesiapan para siswa menghadapi mata pelajaran yang mempunyai kandungan Al Qur’an.

“ Ini untuk memudahkan siswa juga. Di MTs ada mata pelajaran Fiqih, Akidah Akhlak,  Bahasa Arab, dan SKI . Bila mereka tidak bisa membaca Al Quran maka akan kesulitan juga mengikuti pelajaran ini” papar Johansyah

Sementara  itu MTs Negeri 1 Sanggau sendiri mempunyai daya tampung sebanyak 128 untuk siswa kelas VII. Padahal sampai hari kedua jumlah pendaftar sudah mencapai 156  orang. Diperirakan sampai dengan hari ketiga nanti jumlah pendaftar mencapai 200an orang.

“Mau tidak mau harus ada yang tidak diterima. Karena memang kapasitas kelas kami juga terbatas” kata Johansyah