SINGKAWANG. Para pengusaha produk makanan, minuman, perhotelan, rumah makan di Kota Singkawang mengikuti sosialisasi label halal/sertifikat halal yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Singkawang pada Kamis (4/12) di Aula Hotel Hongkong Inn Singkawang.

Sosialisasi ini digelar agar para pengusaha tersebut mengetahui prosedur untuk mendapatkan sertifikasi halal untuk produk-produk mereka.

Ketua Umum MUI Kota Singkawang Drs.H.Arnadi Arkan, M.Pd mengungkapkan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada para pengusaha produk makanan, minuman, rumah makan, serta perhotelan tentang bagaimana tata cara dalam mengurus sertifikat halal.

Dengan adanya sertifikat halal ini, kata Arnadi akan memberikan rasa aman kepada konsumen, dan dapat memberikan keuntungan bagi para produsen itu sendiri. Makanan yang beredar di pasaran yang tidak memiliki jaminan keamanan konsumsi dari segi kehalalannya, mengakibatkan masyarakat dirugikan, katanya.

Dikatakan Arnadi bahwa hampir 90% penduduk Indonesia beragama Islam sehingga adalah suatu hal yang mutlak jika suatu makanan dilengkapi dengan sertifikat halal. Singkawang sebagai kota wisata, harus bisa memberikan jaminan kepada para pengunjungnya akan kehalalan produk makanan dan minuman yang ada, sehingga dapat memberikan rasa aman dalam mengkonsumsi makanan yang halal lagi baik, ujarnya.

Pemasangan label/sertifikat halal kata Arnadi tidak boleh sembarangan dilakukan oleh para pengusaha produk makanan, minuman, serta rumah makanan. Ada aturan dan mekanisme yang harus dilakukan pengusaha untuk dapat mendapatkan sertifikat halal, dan yang berhak untuk mengeluarkan sertifikat halal adalah LPPOM MUI Propinsi, jelasnya.

Dalam sosialisasi sertifikat halal ini, MUI Kota Singkawang mendatangkan pemateri dari LPPOM MUI Propinsi Kalimatan Barat, Dr. M. Agus Wibowo, Ketua MUI Kalimantan Barat Drs.H.Basri HAR, dan dari Disperindagkop Kota Singkawang Deddy Zahedi. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Walikota Singkawang yang diwakili Asisten II Pemerintah Kota Singkawang Agus Prayitno.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Jawani beserta para pejabat di lingkungan Kemenag Singkawang. (Miftah)