Majelis Ulama Kabupaten Sanggau kembali mengeluarkan himbauan terkait dengan penyelenggaraan ibadah di masjid dalam situasi darurat korona saat ini. Dalam surat yang ditanda tangani oleh Ketua MUI Sanggau H  Nasri Rajali, S.Ag dan Sekretaris Drs HM Yusuf tersebut kembali memberikan himbauan kepada umat Islam di kabupaten Sanggau terkait dengan darurat korona. 

MUI Sanggau menyampaikan agar umat tidak melaksanakan sholat jumat dan menggantinya dengan sholat dhuhur. Hal ini dilatar belakangi oleh kondisi yang saat ini darurat korona. Dengan mempertimbangkan mencegah kemudhorotan, maka MUI menyampaikan agar umat bisa menahan diri dengan menghindari  kegiatan di luar rumah salah satunya adalah dengan melakukan ibadah di rumah saja.

"Walaupun demikian adzan lima waktu tetap harus dikumandangkan. Minimal beberapa pengurus yang ada di masjid juga harus melaksanakan sholat di masjid situ. Sehingga tidak terkesan masjid tidak ada kegiatan," kata Sekretaris MUI Drs HM Yusuf saat ditemui pada kamis (2/04)

MUI Sanggau juga menghimbau agar umat bisa mematuhi seruhan untuk berdiam di rumah (stay at home) dan menjaga jarak (physical disanting). Hal ini untuk memutuskan rantai hidup virus korona tersebut. Selain itu MUI juga menghimbau agar umat Islam selalu berdoa agar wabah korona cepat berakhir.