(SINGKAWANG) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H/ 2016 M dengan penuh hikmat dan sukacita. Surat himbauan Kantor kementerian Agama melalui seksi Bimas Islam dan PHBI, Jadwal Imsakiyah dan Tim Safari Ramadhan telah disusun dan dibagikan kepada Ormas-ormas Islam, petugas dan masjid/surau tempat sasaran kegiatan ibadah dan seremonial amaliyah Ramadhan, hingga kegiatan tammaddun Islam tradisional seperti lomba beduk Lebaran dan takbiran keliling.

Berbagai persiapan peranti Ramadhan telah dipersiapkan seperti baliho, spanduk, umbul-umbul serta lampu hias warna-warni pun telah dipasang oleh PHBI Kota Singkawang baik itu di masjid/ surau dan musholla, Pondok Pesantren, sekolah/ madrasah, lembaga dakwah, masyarakat muslim perorangan maupun kelompok atau paguyuban muslim lainnya. Begitulah suasana yang indah dan damai menyambut datangnya bulan yang penuh barokah.

Ketika dihubungi di ruang kerjanya, Kepala Kantor Kemenag, H. Jawani merasa bahagia karena tahun ini umat Islam secara serentak melaksanakan puasa ramadhan. Pengumuman Menteri Agama RI bahwa puasa mulai 6 Juni 2016 berdasarkan hisab dan rukyat. Perhitungan Ilmu Falak, anak bulan (hilal) sudah wujud pada 4 (empat) derajat pada sekitar pukul 8-9 pagi. Ini pertanda sore hari hilal tersebut semakin jelas kelihatanya. Alhamdulillah jadinya bersama-sama atau serentak kita puasa Ramadhan, ujarnya.

Namun yang kita tunggu-tunggu nantinya kepastian jatuhnya 1 (satu) Syawal 1437 H. Kita menunggu hasil hisab dan rukyat. Mudah-mudahan tahun ini kita berlebaran juga bersama-sama tidak ada yang berbeda, ungkap H. Jawani. Beliau juga menyampaikan aktifitas atau amaliyah Ramadhan seperti Ifthar bersama, shalat Tarawih, tadarus Al Quran, itikaf mencari Lailatul Qadr, hingga pasar juadah di depan Masjid Raya Singkawang dan terminal induk merupakan kearifan lokal dan tradisi yang indah dalam semarak Ramadhan. Semoga. (ARI/TU, 6/6/16)