SINGKAWANG. Pagelaran seni santri-santriwati Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang kembali dilaksanakan pada Rabu-Kamis(8-9/3) di halaman Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang. Kegiatan tahunan yang dilaksanakan khusus untuk santri-santriwati kelas IX MTs dan kelas XII Aliyah ini sangat meriah. Berbagai macam kreasi seni dari santri dan santriwati ditampilkan. Mulai dari pagelaran pakaian adat nusantara, tarian NKRI, melantunkan shalawat, menyanyi, pantun, qasidah, parodi, akuistik, nasyid, lawak, dan masih banyak lagi kreasi seni santri yang lainnya.

Santri-santrwati begitu antusias menyaksikan kegiatan ini dan memadati lapangan tempat pagelaran berlangsung. Santri-santriwati yang ambil bagian begitu bersemangat menampilkan berbagai kreatifitas mereka masing-masing. Begitu juga dengan dewan guru dan para santri-santriwati yang menyaksikan pagelaran seni sangat antusias menyaksikan penampilan mereka. Tepuk tangan meriah kadang menghiasi setiap kali penampilan siswa-siswi yang sangat menarik dan penuh tawa.

Ketua panitia pelaksanaEhwanmengungkapkan kegiatan tersebut bukanlah yang pertama kali dilakukan akan tetapi setiap tahunnya selalu diadakan. "Siswa-siswi kelas IX MTs dan XII MA Ushuluddin kita berikan mereka kesempatan untuk mengekspresikan kreatifitas mereka sebelum mereka melaksanakan ujian. Siswa-siswi harus dibuat gembira dan bahagia sebelum mereka menempuh ujian", ungkapnya.

Kegiatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena lebih meriah dan kreatifitas siswa semakin bagus. Selain itu, dalam kegiatan ini, ikut juga ambil bagian siswa-siswi kelas IX MTs Ushuluddin Cabang Sungai Jaga.A, Kab Bengkayang.

Dian Sariyang merupakan siswi kelas XII MA Ushuluddin merasa senang dengan diadakan kegiatan tersebut. "Para siswa bisa menunjukan kreatifitasnya dalam bentuk seni", katanya. Lebih lanjut Dianberharap dengan kegiatan ini kedepannya adik-adik kelas mereka dapat menampilkan kesenian yang lebih kreatif dan baru, hal ini untuk membuktikan bahwa anak madrasah tidak kalah kreatifnya dengan sekolah umum lainnya.Selain sebagai master of ceremony (MC) dalam kegiatan tersebut Dianjuga sebagai pengisi acara ketika kelas XII Agama menampilkan kreatifitas mereka.

Sementara itu Razita, siswa kelas IX CC merasa senang dengan kegiatan pentas seni kali ini. " Alhamdulillah senang, kawan juga senang, dan guru-guru senang", kataRazita yang pernah juara 1 MTQ Tingkat Kota Singkawang tahun lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Pontren Ushuluddin, H.B Rasnie, BA, Kepala MA Ushuluddin Kamal, Kepala MTs Uhsuluddin Masruraini. Dalam kesempatan tersebut hadir juga Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang yang diwakili Pengawas PAI Usmani, Kepala KUA Singkawang Tengah Abdul Muthalib. Menurut Usmanikegiatan seperti ini merupakan kegiatan positif dalam mengembangkan kreatifitas siswa. (Miftah)