Dalam rangka persiapan untuk pembelajaran tatap muka, Dewan Pendidikan Kabupaten Ketapang melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke MTs Negeri 1 Ketapang pada hari Senin,11 Januari 2021. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan monev kesiapan menghadapi pembelajaran tatap muka di beberapa Madrasah di Kabupaten Ketapang.

Kegiatan Monev kali ini dilaksanakan oleh satu orang utusan dari Dewan Pendidikan Kabupaten Ketapang yang diwakili oleh Drs.Remin Nuryadin,M.Pd.I. Pada kesempatan ini, tim monitoring melakukan pemantauan terhadap persiapan pihak MTs Negeri 1 Ketapang dalam menyambut pembelajaran tatap muka di era new normal. Tidak hanya dari segi fasilitas, perwakilan Dewan Pendidikan juga melakukan diskusi dengan kepala madrasah, kepala urusan tata usaha dan para wakil kepala mengenai persiapan pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan, serta membahas kendala yang dihadapi madrasah dalam persiapan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Remin Nuryadin, menyatakan, sesuai instruksi pemerintah sekolah akan diperbolehkan melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka jika memenuhi indikator protokol covid-19.

Dalam diskusi tersebut, Kepala MTs Negeri 1 Ketapang, Adlan menyatakan bahwa kesiapan MTs Negeri 1 Ketapang dalam menyambut pembelajaran tatap muka sudah mencapai sekitar 95%. Selain merancang SOP pembelajaran tatap muka untuk kondisi new normal. Dari segi fasilitas Pihak MTs Negeri 1 Ketapang telah menyediakan berbagai sarana yang diperlukan seperti wastafel cuci tangan, termogun,  spanduk himbauan kesehatan.