Ketapang. 10 Februari 2020. MAN 2 Ketapang mengikuti kegiatan presentasi pelaksanaan kegiatan beasiswa dan ikatan dinas Oleh Forum Mahasiswa Ketapang seluruh Indonesia yang diadakan di ruang rapat Setda Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. Kegiatan tersebut awalnya dijadwalkan akan dibuka oleh Sekda bapak M.Farhan,M.Si, namun  karena berhalangan hadir  maka kegiatan tersebut diserahkan ke Kabag Kesra Drs.H.Satuki Huddin,M.S.I.  Kegiatan dibuka oleh beliau kemudian langsung  mendengarkan Presentasi Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Forum Mahasiswa Ketapang Seluruh Indonesia.

Presentasi pertama disampaikan oleh Syekh Arpi Ageng yang juga merupakan Alumni MAN 2 Ketapang,  yaitu menyampaikan tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa non BIDIKMISI. Syekh Arpi Ageng mengatakan ada tiga persyaratan dan tahapan umum seleksi mahasiswa. 1) Administrasi (Essay, Proposal, Studi, Portofolio, dan CV), 2) Wawancara (uji kelayakan pribadi,Psikotes dan personal interview). 3) diterima (Tanda tangan kontrak, pelatihan/Boolccamp dan Warding.

Presentasi kedua adalah  tentang Ikatan Dinas yang disampaikan oleh Dwiki Septa Pangestu. Dwiki menyampaikan Apa itu pendidikan kedinasan dan bagaimana peluang  dan juga keuntungan dari masuk Sekolah Ikatan Dinas serta apa saja metode pendampingannya. Setelah selesai menyampaikan presentasi ditanggapi oleh Kepala Sekolah SMA/SMK/MA kemudian MKKS SMA/SMK/MA yang diundang dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut MAN 2 Ketapang diwakili oleh Waka Kurikulum MAN 2 Ketapang  Yuniar,S.Pd.I. dalam kesempatan itu Waka Kurikulum MAN 2 Ketapang mengatakan menyambut baik kegiatan tersebut karena memberi peluang lebih banyak lagi kepada siswa khususnya siswa MAN 2 Ketapang yang duduk di kelas XII untuk melanjutkan kuliah melalui  beasiswa karena kalau mengandalkan beasiswa melalui Jalur BIDIKMISI itu terbatas sekali jumlahnya dan itu sudah dibuktikan sendiri oleh salah satu alumni MAN 2 Ketapang yang bernama Syekh Arpi Ageng yang pada hari itu menjadi nara sumber pada kegiatan tersebut yang mendapatkan  beasiswa non BIDIKMISI.  Syekh Arpi Ageng dan Teman-temannya yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Ketapang Seluruh Indonesia ingin berbagi pengalaman dan informasi kepada generasi muda yang ada di Ketapang untuk mendapatkan kesempatan yang sama seperti mereka.

Kabag Kesra Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang  Drs.H. Satuki Huddin,M.Si yang memimpin dalam kegiatan tersebut mengatakan mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut ada peningkatan generasi muda Kabupaten  Ketapang untuk melanjutkan Pendidikan ke perguruan Tinggi. Beliau juga berharap siswa yang kelas XII di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Ketapang dapat mengambil  kesempatan tersebut sebagai bekal untuk mendapatkan beasiswa dan Ikatan Dinas dan bisa berhasil untuk mendapatkan beasiswa dan ikatan Dinas sesuai yang diharapkan.