Mempawah. Masa pandemi Covid 19 yang telah berlangsung lebih dari tiga bulan dan tidak kunjung usai sampai saat ini, memaksa MTs Negeri 3 Mempawah mengadakan Penilaian Akhir  Tahun (PAT) online. PAT akan berlangsung  selama  tujuh hari mulai tanggal 2 sampai 10 Juni 2020. Para siswa mengerjakan soal menggunakan perangkat adroid atau laptop di rumah masing-masing.  Namun demikian, mengingat MTsN 3 Mempawah berada di pedesaan yang masih banyak yang belum terjangkau internet memadai dan juga sebagian mereka tidak memiliki falisitas android atau laptop, maka Madrasah masih melaksanakan PAT secara manual secara terbatas.

Ketua panitia PAT 2020 bapak Anang Wuri Padri Astadi,S.Pd menyampaikan bahwa PAT online ini baru pertama kali dilaksanakan oleh MTs Negeri 3 Mempawah, walaupun demikian, persiapannya cukup matang dan alhamdulillah tanpa kendala berarti berlangsung dengan baik.  Waka Kurikulum ibu Safaah, S.Ag menyampaikan bahwa pembelajaran online di masa pandemi ini sudah berlangsung selama kurang lebih tiga bulan, dan akhir dari pembelajaran tersebut haruslah dilaksanakan penilaian.  PAT online yang dikerjakan di rumah masing-masing adalah pilihan terbaik yang dapat dilakukan untuk menghindari keramaian yang berpotensi melanggar protokol kesehatan.  Tentu saja PAT online pertama ini sangat bermamfaat bagi Madrasah pada pembelajaran berikutnya.

Kepala MTs Negeri 3 Mempawah ibu Nur’aini, M.Pd.I menyampaikan apresiasi kepada panitia PAT dan Waka Kurikulum yang telah bekerja keras mempersiapkan PAT online ini. Kita berharap ke depan, setelah masa pandemi ini berakhir segala macam penilaian, baik ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester menggunakan sistem online dengan tatap muka di sekolah.

Dengan sistem online ini, memudahkan guru dalam hal koreksi, karena hasil tes langsung didapatkan setelah anak mengerjakan soal. Covid 19 ini mengajakarkan kita semua untuk belajar lagi dan memdalami tekhnologi informasi. Tekhnologi informasi menjadi media dalam pembejaan. Mari kita gunakan sebaik-baiknya. (Humas MTs.N 3 Mpw)