Singkawang. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menugaskan beberapa operator untuk mengikuti kegiatan End User Training  EUT SAKTI Modul Pelaksanaan dan Pelaporan bagi satker nonpiloting secara online melalui aplikasi Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Singkawang yang berlangsung mulai dari 13 s/d 24 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 77 operator dari setiap satker di wilayah kerja KPPN Singkawang yaitu Kota Singkawang, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang yang dibagi menjadi 2 kelas kegiatan. Untuk peserta kegiatan pelatihan pada Kantor kementerian Agama Kota Singkawang dipusatkan di ruang OP Room.

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

EUT SAKTI adalah training yang diberikan oleh KPPN kepada seluruh Satuan Kerja mitra kerjanya terkait SAKTI Kelompok Modul Pelaksanaan dan Kelompok Modul Pelaporan. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, satuan kerja mitra kerja KPPN dapat mengimplementasikan aplikasi keuangan dimaksud dalam pengelolaan administrasi keuangan.(DH/skw)