Rabu, 31 Juli 2019, 08:14 sudirmansyah

Jum'at, 19 Juli 2019 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama kabupaten Kayong Utara di adakan Lomba Karya Tulis ilmiah tingkat Kabupaten Kayong Utara, Lomba ini diikuti oleh 6 orang peserta yakni 4 kepala KUA dan 2 orang penghulu.

Dewan Juri pada Kegiatan ini adalah H.Kamadi Kasi bimas Islam, dan H. Tasfirani Dosen Al-haud Ketapang. Ketua Panitia Sudirmansyah mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan kecintaan penghulu untuk mempunyai gagasan ilmiah dan meningkatkan kemampuan penghulu dalam mengkaji dan mendalami ilmu-ilmu melalui penelitian, pengujian, survei dan evaluasi, menghasilkan karya Ilmiah berkualitas dan memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

Sudirmansyah  juga menjelaskan ada beberapa aspek yang dinilai dalam perlombaan yakni teknik penulisan, kemampuan menjelaskan isi karya ilmiah, Orisinalitas  Karya Ilmiyah,Kemampuan Menjelaskan Inovasi Karya, dan kemampuan menjabarkan dan menjawab Permasalahan penelitian.

Pada Kesempatan yang sama H. Kuwatno Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kayong Utara berharap penghulu bisa lebih berkreasi, berinovasi dan berkarya lebih banyak lagi selain tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan nikah di KUA karena dengan wawasan yang luas akan memberikan manfaat yang lebih baik lagi dalam menjawab problematika di masyarakat.

Penghulu selain memiliki fungsi dalam pelayanan pernikahan di masayarakat juga hendaknya memiliki peningkatan kompetensi terutama dalam bidang karya ilmiah dimana dengan menuangkan ide, gagasan, dan potret kepenghuluan akan membentuk penghulu yang kritis, kreatif maupun responsif terhadap problematikan penghulu di masyarakat.

“Penghulu yang profesional harus memiliki wawasan yang luas dan dapat memberikan kontribusi pemikiran sesuai dengan tantangan perkembangan zaman sehingga mampu menjawab persoalan sesuai dengan kemajuan perkembangan teknologi,” jelasnya.

“Selamat menampilkan karya terbaiknya sebagai awal untuk bekerja lebih kreatif dan inovatif lagi dalam melayani masyarakat,” ungkap Kuwatno saat membuka acara.