Dalam rangka mendukung kelancaran penyelengaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015 maka Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalimantan Barat membentuk Dewan Hakim untuk mengawasi dan memberikan penilaian terhadap peserta pada cabang dan golongan pada even tyersebut.

Pelantikan Dewan Hakim STQ XXIII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015 dilaksanaan bersamaan dengan penyelenggaraan Malam taaruf pada hari Rabu, 6 Mei 2015 di Aula Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Sedianya pelantikan Dewan Hakim akan dikukuhkan oleh Sekda Kalimantan Barat, namun karena beliau berhalangan, maka pelantikan dilaksanakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Gubernur Kalbar Drs. H.Aaminuddin,M.Si

Kepada Dewan Hakim yang dilantik, Asisten Bidang Pemerintahan Gubernur Kalbar Drs. H.Aaminuddin,M.Si Menegaskan untuk berani menolak intervensi dari siapapun pada saat pemberian nilai pada pelaksanaan lomba STQ yang berlangsung.

Dewan Hakim mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan setian even MTQ maupun STQ. oleh karena itu dewan hakim harus bekerja secara obyektif, memberikan keputusan yang cermat dan adil, serta bekerja dalam tim dan mengambil keputusan yang diputuskan melalui musyawarah. Dewan Hakim harus menolak segala Bentuk intervensi, ungkap Aminuddin.

Aminuddin yakin semua anggota Dewan Hakim akan dapat melaksanaan fungsinya sesuai dengan kode etik dan pedoman yang berlaku. Dewan Hakim yang bekerja dengan kode etik akan menghindarkan peserta meraih prestasi dengan cara-cara yang tidak baik. Peserta akan mengakui akan objektifitas yang dilaksanakan oleh Dewan hakim dalam menilai sesuatu yang memang dapat diperdebatkan mengingat banyaknya subjektifitas.

Jumlah Dewan Hakim yang dilantik sebanyak 35 orang yang terdiri dari Dewan Pengawas 6 orang Majelis Dewan Hakim 29 orang, adapun yang ditetapkan sebagai ketua Majelis Hakim adalah Ust. H. Sohihin Nahyus, S.Pd.I.(Ir/Inmas)