Singkawang. “Setiap Manusia Pasti Akan Mati”. Itulah janji Allah yang disebutkan dalam Al-Qur’an berulang-ulang dengan tujuan sebagai peringatan agar manusia tidak lalai dibuai oleh kehidupan dunia yang memukau. Majelis Taklim Nurul Muallafiyah Kelurahan Sanggau Kulor di bawah binaan Rabuansyah, S.HI berinisiatif melaksanakan pelatihan pengurusan jenazah dengan harapan agar masyarakat semakin memahami dan bisa mengurus jenazah apabila ada yang meninggal.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 09 Oktober 2020 bertempat di Masjid Nurul Muallafiyah yang dihadiri oleh  Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Ibu-ibu Majelis Taklim Nurul Muallafiyah. Tidak ketinggalan juga penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non-PNS Kecamatan Singkawang Timur. Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala KUA Singkawang Timur, Agus Salim, SE.I dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Singkawang Timur, Ustadz Dulhat.

Kegiatan diawali dengan sholat jum’at dan makan siang berbersama setelah itu kegiatan pelatihan dilaksanakan. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah pemaparan teori yang disampaikan oleh Kepala KUA, sesi kedua praktek yang dipandu oleh Ustadz Dulhat, setelah itu tanya jawab dan ditutup dengan Sholat Asar  berjama’ah.

Ada pesan moral yang disampaikan oleh Kepala KUA Singkawang Timur. “Bermegah-megahan telah melalaikan manusia sampai masuk ke alam kubur” (QS. At-Takaatsur: 1-2). Sesungguh alam akhirat adalah tempat kita yang sebenar-benarnya. Semoga dengan kita mengingat kematian, kita akan menjadi manusia yang mawasdiri dan tidak lalai sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an,” ujarnya.(Hns/skw)