Sungai Raya, Bengkayang_ Pengurus Masjid Besar Nuruddin Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang melaksanakan kegiatan Pelatihan Fardhu kifayah Se-kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang . Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Baznas Kabupaten Bengkayang. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu (09/01) bertempat di Aula Madrasah Aliyah Nurul Ummah Sungai Duri.

Peserta Pelatihan Fardhu Kifayah ini terdiri dari Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS serta Perwakilan dari seluruh Surau dan Masjid dari lima desa se kecamatan Sungai Raya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang pesertanya terdiri dari laki-laki berjumlah 50 orang dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Raya H. Ahmad Sihabuddin,S.Sos.I dan turut dihadiri oleh ketua Panitia Nazuardi,S.Ag dan Ketua Masjid Besar Nuruddin sungai Duri Muhammad Sholahuddin,S.Ag.

Dalam Sambutannya Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Raya menyampaikan bahwa Kemenag dan Baznas siap bersinergi dengan lembaga apapun dalam rangka untuk meningkatkan keilmuan dan wawasan masyarakat.kegiatan ini diharapkan bisa membawa manfaat dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian pada hari kedua tanggal 10 januari 2021 giliran peserta ibu-ibu berjumlah 50 orang perwakilan dari masing-masing surau dan masjid se-kecamatan sungai raya.

Ketua Masjid Besar Nuruddin sungai duri Muhammad Sholahuddin,S.Ag mengatakan bahwa pelatihan fardhu kifayah ini sangat diperlukan untuk membekali warga muslim di kecamatan Sungai Raya dalam pengurusan Jenazah. “Semua muslim sebaiknya memliki pengetahuan dalam pengurusan jenazah secara islami, agar kita bisa mengurus fardhu kifayah sendiri jika ada keluarga kita yang meninggalnya” ucapnya.

Materi Pelatihan fardhu kifayah ini di sampaikan Oleh Ust.H.Muslimin dari kabupaten Mempawah, beliau menyampaikan “bahwa untuk menjadi petugas Fardhu kifayah harus memiliki persyaratan diantaranya Ilmu yang baik dan benar sesuai dengan hukum agama di samping itu harus mempunyai keberanian,dapat menjaga rahasia,rajin dan ikhlas semata-mata karena allah ta’ala.

Ketua Panitia Nazuardi S.Ag sekaligus Koordinator Bidang Imaroh Masjid Besar Nuruddin sungai Duri mengaku puas melihat begitu semangat dan antusiasnya Peserta dalam mengikuti kegiatan ini dari awal sampai selesai. ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja dari Pengurus Masjid besar Nuruddin sungai duri khususnya di bidang Imaroh. Acara selesai tepat pada jam 15.00 WIB dan di tutup oleh Ketua Masjid Besar Nuruddin Sungai Duri Muhammad Sholahuddin,S.Ag. (Kontributor: Inayatun R)