SINGKAWANG. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si, mendampingi H. Bujang Sukri staf ahli Pemerintahan Kota Singkawang yang mewakili Walikota Singkawang karena berhalangan hadir untuk melepas keberangkatan Kafilah Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) X (ke-sepuluh) Kota Singkawang yang akan mengikuti kegiatan FASI X Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Mempawah pada Kamis, (27/4) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Ketua Kafilah FASI X Kota Singkawang Rabuansyah, S.HI menyampaikan bahwa pelaksanaan FASI dilakukan dengan seleksi berjenjang dimulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Adapun peserta yang akan berangkat mengikuti FASI X tingkat Provinsi ini adalah peserta yang memperoleh juara I pada seleksi tingkat Kota yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Ia juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan FASI X tingkat Provinsi Kalimantan Barat ini dilaksanakan di Kabupaten Mempawah selama 3 (tiga) hari yaitu pada Jum’at-Minggu (28-30 April 2017). Sedangkan pelaksanaan FASI X tingkat nasional akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kembali disampaikan oleh Rabuansyah, bahwa kafilah FASI X Kota Singkawang berjumlah 69 orang dengan pengurus kafilah berjumlah 24 orang dan 45 orang peserta. Adapun cabang lomba yang diikuti yaitu Cabang Tartil, Tilawah, Tahfidz, Tarjamah Lafziyah, Azan dan Iqomah, Ceramah, Kisah Islami, Kaligrafi, Mewarnai, Cerdas Cermat Al Qur’an, Nasyid dan Peragaan Sholat. Seluruh cabang yang diikuti tergolong dalam 3 (tiga) tingkat perlombaan yaitu Tingkat Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (TKA) berjumlah 17 peserta, Tingkat Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) berjumlah 15 peserta dan Tingkat Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA) berjumlah 13 peserta.

H. Bujang Sukri dalam sambutannya menyampaikan bahwa cabang lomba yang diikuti dan diperlombakan pada FASI dapat membentuk pribadi-pribadi yang baik dan bernilai ibadah. Ia berharap dengan kegiatan yang positif ini akan membetuk generasi yang islami dan melahirkan generasi yang berkualitas dan berbakat yang dapat mengharumkan nama Kota Singkawang.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan baju kontingen dan penyematan pin kafilah kepada peserta secara simbolis dan salaman oleh seluruh peserta. Setelah kegiatan pelepasan, Kafilah FASI X Kota Singkawang berangkat dari Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menuju tempat pelaksanaan FASI X tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Mempawah dengan menggunakan 2 buah bis.(Jk/hms)