Pontianak, 27 September 2021. Official Utsawa Dharma Gita melaksanakan pelepasan kontingen peserta Utsawa Dharma Gita di Hotel Harris Jalan Gajah Mada No.09 Pontianak.  

Para tamu undangan yang menghadiri dari Instansi Pemerintah yang terkait tentu saja hal ini ialah Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan barat yang diwakili oleh Bapak H. Rohadi S.Ag, M.Si, Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yakni Bapak Wayan Slamet, S.Pd dan Lembaga Agama Hindu yakni Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Kalimantan Barat yaitu Pandite Ida Shri Resi Dukuh Putra Bandem Kepakisan serta Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita yaitu Bapak Wayan Sudiana sekaligus ketua Kontingen Utsawa Dharma Gita

Prosesi pelepasan Kontingen Utsawa Dharma Gita diawali dengan Puja Stuti, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan laporan dari ketua kontingen utsawa dharma gita yang dibacakan oleh bapak wayan Sudiana, dan dipuncak acara selanjutnya adalah sambutan dan pelepasan Kontingen Utsawa Dharma Gita serta  mengalungkan tanda pengenal peserta Kontingen Utsawa Dharma Gita oleh Bapak  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang di wakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha yaitu Bapak Haji Rohadi S.Ag, M.Si.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa tujuan Utsawa Dharma Gita dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran kitab suci Weda beserta susastra Hindu dalam upaya memperkokoh karakter bangsa. Melalui Utsawa Dharma Gita meningkatkan Sradha Dan Bhakti sebagai landasan terbentuknya susila Hindu. Beliau juga menyebutkan bahwa melalui Utsawa Dharma Gita dapat melestarikan dan mengembangkan Dharma Gita termasuk kearifan budaya lokal dalam rangka membangun peradaban dharma dan upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa  dan penutup sambutan beliau mengatakan melalui seni kidung dimana syair – syair kidung berasal dari petikan kitab suci agama dapat menumbuhkan kebahagiaan.

Di akhir kegiatan pelepasan Kontingen Utsawa Dharma Gita ke-14 dan perlombaan tingkat nasional ini dilaksanakan pada tanggal 28 September 2021, yakni arahan dari Bapak Wayan Slamet, S.Pd selaku Pembimbing Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat dimana arahan beliau adalah Perlombaan Utsawa Dharma Gita yang bertema “Junjung Tinggi Sportifitas”. Maka diharapkan para peserta dan panitia kontingen mengikuti intruksi dan peraturan perlombaan yang dibacakan oleh pengawas perlombaan Utsawa Dharma Gita dari Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama Pusat Jakarta yaitu Ibu Nanda Rizka Saputri. Menutup arahan beliau juga turut memberikan doa dan semangat dukungan kepada peserta dan Official Kontingen Utsawa Dharma Gita.

Para peserta Kontingen Utsawa Dharma Gita terharu bahagia pada kegiatan ini karena mereka memiliki kesempatan menjadi Duta Provinsi Kalimantan Barat untuk mengikuti ajang perlombaan Utsawa Dharma Gita Tinggkat Nasional.

Di hari H. acara lomba Utsawa Dharma Gita pada Tanggal 28 September 2021 ketegangan peserta kontingen kembali ceria. Ketika kehadiran Bapak Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat meskipun kota Pontianak sedang diguyur hujan dan beliau yang didampingi oleh Pembimas Hindu  turut menyaksikan taping lomba Utsawa Dharma Gita serta memberikan semangat moril dan menciptakan suasana yang harmoni. Di Akhir Kegiatan perlombaan  Tim Pengawas melaksanakan penyegelan hasil taping / rekaman perlombaan, dimana kegiatan ini dilaksanakan tidak seperti tahun – tahun sebelumnya dilaksanakan seccara live. Namun berkenaan dengan adanya pandemic virus corona-19 maka pelaksanakan perlombaan Utsawa Dharma Gita dilaksanakan secara semi virtual sehingga hasil taping tersebut dikirim ke Jakarta untuk disandingkan dengan kontingen – kontingen dari provinsi lain yang turut mengikuti lomba tingkat nasional dan Official berharap dapat dukungan penuh agar dapat meraih hasil maksimal.

Oleh :  Satker Bimas Hindu