SINGKAWANG. Kontingen Kota Singkawang yang akan berlaga di Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) VII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat secara resmi dilepas keberangkatannya oleh Walikota Singkawang yang diwakili staf ahli bidang hukum dan politik Arman Suyono di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada Senin (25/7).

Dalam arahannya Arman mengajak seluruh anggota kontingen untuk bersyukur karena dapat mewakili Kota Singkawang di ajang tingkat provinsi. Mewakili daerah, sebut Arman, ialah suatu bentuk kehormatan tersendiri yang patut untuk disyukuri. Kepada para anggota kontingen, Arman berpesan agar selalu menjaga sikap dan identitas kesantrian di dalam berbagai cabang yang diikuti, baik dari sisi penampilan, tutur kata, maupun tindakan lainnya baik saat bertanding maupun di luar pertandingan. Pospeda ini adalah kegiatan olahraga dan seni yang bernuansa Islam karena diikuti oleh perwakilan santri dari sejumlah pondok pesantren, sehinga jelas berbeda dengan ajang-ajang olahraga dan seni pada umumnya, terang Arman

Arman juga mengingatkan, selain sebagai ajang kompetisi olahraga dan seni, Pospeda juga menjadi sarana silaturahmi antarsantri pesantren. Oleh karenanya para peserta diminta agar tidak semata-mata terfokus pada raihan prestasi, namun juga mengedepankan silaturahmi dan syiar Islam. Apabila keduanya berhasil, maka itulah yang terbaik. Namun apabila belum dapat meraih peringkat yang diharapkan, maka kalian sudah memperoleh misi yang kedua, yaitu sebagai peserta favorit di dalam silaturahmi dan syiar agama di antara sesama santri, pesan Arman.

Kasi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kota Singkawang Arnadi yang juga ketua Kontingen Kota Singkawang menerangkan, pelaksanaan Pospeda VII Tingkat Kalbar dipusatkan di Asrama Haji Pontianak, mulai 26-29 Juli 2016. Kontingen Kota Singkawang berjumlah 50 orang yang terdiri atas 30 peserta, 12 ofisial/pelatih, dan 8 panitia dan pendamping. Ini merupakan peserta terbaik hasil seleksi Pospeda Tingkat Kota Singkawang di Pondok Pesantren Al-Fatah, beberapa waktu lalu, yang diikuti perwakilan dari 8 pondok pesantren se-Kota Singkawang, jelas Arnadi.

Arnadi mengungkapkan, cabang-cabang yang akan diikuti yakni atletik 100, 200, 400, dan 800 meter (putra-putri), tolak peluru (putra putri), lompat jauh (putra putrid), pencak silat kelas A, B, C, D dan E (putra-putri), tenis meja perorangan (putra-putri), bulu tangkis perorangan (putra-putri), dan cabang pidato tiga bahasa (putra-putri). Arnadi berharap, Kota Singkawang dapat tampil baik sehingga mengharumkan nama Kota Singkawang, seperti Pospeda tiga tahun yang lalu yang meraih juara umum. Mohon doanya, mudah-mudahan bisa tampil baik mengharumkan nama Kota Singkawang dan bisa mewakili Kalimantan Barat di ajang Pospenas di Banten bulan Oktober mendatang, kata Arnadi. Hadir pada pelepasan ini Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Singkawang Apriyanto. (Miftah).