Tidak terasa 6 tahun berlalu, waktu yang tidak begitu singkat yang dirasakan oleh siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukadana atau yang biasa dikenal dengan nama MIN Sukadana. Enam tahun mereka menimba ilmu di madrasah tersebut, pada hari sabtu yang lalu tepatnya pada tanggal 21 Mei 2016 merupakan hari terakhir mereka melaksanakan Ujian Nasional.

Berdasarkan informasi dari salah seorang Guru di MIN Sukadana, pada awalnya Ujian Nasional tersebut hanya berlangsung tiga hari, dikarenakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat dan Kab. Kayong Utara, sehingga ada beberapa mata pelajaran yang harus diujiankan bagi siswa-siswi kelas VI maka jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SD/MI di Kab. Kayong Utara berlangsung Selama 6 hari.

Maka, pada hari Rabu (25/5) kemarin , MIN Sukadana mengadakan pelepasan siswa-siswi kelas VI madrasah tersebut. Acara yang digelar sangat meriah dan penuh kehidmatan. Tak hanya para siswa-siswi yang bersuka cita akan tetapi, para guru, tamu dan undangan serta orang tua siswa yang hadir larut dalam suasana gembira.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Pgs. MIN Sukadana, Syarifah Zainab, S.Pd menyampaikan beberapa patah kata sebagai pesan bagi para siswa-siswi MIN Sukadana terlebih khusus siswa-siswi kelas VI. Beliau menyampaikan bahwa Selama menempuh pendidikan di MIN Sukadana, banyak prestasi yang telah diukir oleh siswa-siswi guna mengharumkan Nama Baik MIN Sukadana baikdibidang Akademik maupun ekstrakulikuler.

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk tahun ini siswa-siswi MIN Sukadana terpilih mewakili Kab. Kayong Utara dalam lomba mata pelajaran Matematika dan Olahraga. Dalam Pelepasan siswa-siswi kelas VI MIN Sukadana angkatan ke-VI tahun pelajaran 2015/2016 ini, Beliau juga berpesan kepada siswa-siswi kelas VI agar terus belajar meraih cita-cita, menjadi alumni yang berakhlak mulai, penuh sopan santun,bersikap jujur serta memiliki sifat terpuji dimanapun mereka berada.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara, Syarif Machmud, S. H. dalam kesempatan ini juga menyampaikan sambutannya. Beliau sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh para siswa-siswi MIN Sukadana. Ucapan terima kasih beliau sampaiakan atas jasa-jasa dan kinerja kepala Madrasah, para guru dan tentunya orang tua murid selaku pendidik yang paling utama di dalam lingkungan keluarga.

Setelah Melaksanakan Ujian Nasional kemarin, dan hari ini (kemarin) adalah hari pelepasan, maka tinggal satu langkah lagi yang ditunggu oleh siswa-siswi MIN Sukadana, yaitu hari pengumuman hasil Ujian Nasional yang telah mereka lalui kemarin. Dengan hasil yang sangat baik/memuaskan yang mereka peroleh, maka mereka dapat dengan mudah masuk atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, MTs atau SMP yang mereka favoritkan karena kualitas pendidikannya. (Maulina_KKU)