Situasi dan kondisi dibeberapa daerah di Indonesia masih diselimuti pondemi virus corona, hal menyebabkan masih berlangsungnya segala kegiatan dirumah, begita juga di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, segala aktifitas masih banyak yang dilaksanakan di rumah. 

MAN 1 Ketapang, di akhir tahun pelajaran 2019/2020 ini melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dengan sistim online, yang mana semua soal mata pelajaran diinfut dalam satu jaringan dan hanya bisa dibuka dan dikerjakan sesuai dengan hari dan waktu yang telah ditentukan, begitu juga bagi siswa-siswi MAN 1 Ketapang, dalam mengerjakan soal PAT cukup dengan mengakses dari rumah. 

Pelaksanan PAT di MAN 1 Ketapang berlangsung selama sepuluh hari, mulai tanggal 2 - 11 Mei 2020. Dihari ketiga pemantau PAT berjalan dengan baik, baik dari sistem pelaksanaan maupun dari kesiapan guru dan siswa, hal ini tentunya tidak luput dari kesiapan yang telah dilaksanakan secara matang, mulai dari persiapan soal, infut soal, pengakuratan data dan sistem sampai kepada uji coba yang dilakukan pada tanggal 16 Mei 2020.

Kepala MAN 1 Ketapang, H. Mauluddin, S. Ag, yang selama ini terus memonitor dan mengontrol pelaksanaan PAT tahun ini berharap agar pelaksanaan PAT dapat berlangsung dengan baik sampai hari terakhir. Namun demikian tentunya terdapat kendala dalam pelaksanaan PAT tersebut, antara lain siswa yang tidak memiliki HP Android dan siswa yang berada tidak dalam jangkauan sigyal.  Namun demikian tentunya panitia memberikan solusi antara lain dengan memberikan tugas-tugas kepada mereka secara manual, akan tetapi tetap mengedepankan protokol covid-19.