Sanggau-16/09/2021, Pengadaan Kegiatan Rapat yang Diadakan oleh Penyuluh Agama Islam di Kecamatan kapuas. Ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan guna membentuk FKPAI kecamatan. Rapat ini pun diselenggarakan dan bertempat di Masjid Darussalam pada jam 09-00 WIB. FKPAI sendiri merupakan singkatan dari Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam.

"Ini adalah rapat atau rakor pertama kali yang dimana kita mengadakan pembentukan FKPAI Kecamatan,yang mana rapat ini berjalan lancar dan kita pun langsung mengadakan program kerja. disitu ada beberapa hal yang digaris bawahi karena program kerja ini dilakukan dalam jangka pendek dan panjang selama periode 2021-2024," ujar bu Saadah S.Pd.I.

Pembentukan ini terjadi karena Para Penyuluh Agama Islam merupakan salah satu garda terdepan kementerian agama yang ada dimasyarakat. Oleh karena itu apa bila garda terdepan ini berfungsi dengan baik maka masyarakat yang terbina di Kabupaten Sanggau akan terbina dengan Baik Pula.

"Nah Supaya hal ini sesuai dengan apa yang diarahkan dari kementerian agama sehingga bisa di eksekusi oleh penyuluh agama islam dimasing-masing binaanya, mesti ada memang pengurusan yang baik sehingga semua program mudah di Akomodir" tutur pak Wiharto Selaku Ketua FKPAI Kabupaten sanggau.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan secara Offline (berada langsung di tempat) akan tetapi juga melaksanakannya via Online (daring) melalui Aplikasi Zoom. Pak wiharto menyampaikan hal ini dikarenakan banyaknya Faktor yang menjadi halangan bagi peserta yang tidak bisa hadir sehingga harus mengikuti Secara Online. Mulai dari yang sakit hingga kondisi dari jalan yang jauh dan rusak sehingga tidak mumpuni untuk datang menghadiri agenda ini secara langsung.

Dengan diadakannya Rapat Pembentukan FKPAI Kecamatan ini didapati lah beberapa point penting yang diperoleh.

"Berbagai macam Program seperti Program bulanan pembentukan para penyuluh kecamatan kapuas yang ada di setiap mushola atau rumah-rumah yang kemudian ada lagi program pembinaan ke penyuluhan yang bertempat di KUA yang akan dilaksanakan pada besok" jawab bu Ellis Mardiatu jannah Selaku Sekretaris FKPAI Kecamatan Kapuas.

Abdul Wahid Ary Asary(Mahasiswa Magang)