Mempawah. KUA Siantan ikut Hadir dalam rapat Pembentukan Tim Fardhu Kifayah bagi Jenazah yang terkonfirmasi Covid 19 di Aula Kantor Camat Siantan  pada hari Selasa tanggal 27 Juli 2021 bertepatan dengan tanggal 17 Dzulhijjah 1442 H.

KUA Siantan hadir dalam rapat tersebut  berdasarkan undangan no. 005/28/jongkat-set.A. tanggal 26 Juli 2021.

Hadir dalam rapat tersebut Camat Siantan Drs. Muhammad Erfiza, M.Si,  KUA Siantan Muhammad Watib, S.H.I, Penyuluh Agama Islam Siantan Muhammad Deron, S.Pd.I, Kepala Desa Sekecamatan Siantan beserta Tim pendamping Desa, Ketua DMI Sinatan, H. Kurniawan, S.Pd.I.

Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka membentuk tim petugas pemulasaran jenazah terkonfimasi covid 19.ditiap Desa sekematan Siantan.

Rapat dimulai pukul 13.00 wib.  sesuai dengan rencana undangan dan rapat dipimpin rapat langsung oleh Camat Sianta  Drs. M. Erfiza, M.Si. 

Dalam arahannya camat berharap setiap Desa agar membentuk tim khusus untuk pemulasaran Jenazah terkonfirmasi covid 19, sesuai dengan kebutuhan.

“Saya minta agar kepala desa membentuk tim khusus fardhu kifayah bagi jenazah yang meninggal karena covid-19, caranya menunjuk orang-orang yang memang sudah biasa mengurus jenazah, dan orang yang sudah biasa menggali kuburan” terang Erfiza saat memberikan sambutan.

Kemudian dirinya juga meminta agar Tim fardhu kifayahlah nantinya yang boleh membantu tim kesehatan saat prosesi pemakaman pasien covod-19. Hal ini dilakukan dalam rangka mempermudah tim kesehatan dan memberikan kepercayaan terhadap masyarakat bahwa fardhu kifayah yang dilakukan sesuai dengan syariat islam yang berlaku.

“Nanti yang boleh membantu tim kesehatan saat melakukan prosesi pemakaman, hanya tim fardhu kifayah yang kita bentuk sampai ke desa-desa, tujuannya agar masyarakat yakin bahwa mayat yang di makamkan sesuai ketentuan dalam syariat islam, dan tentunya hal ini mempermudah bagi tim kesehatan kita”, tambahnya.

#Salihin_Bimas_Islam