Kemenag@Kalbar. Pada Selasa Pagi, 12/5/2020 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf kembali menggelar  Live Streaming Taushiyah Ramadhan 1441 H. Kegiatan tersebut merupakan program Kemenag dalam meningkatkan pemahaman agama dan keagamaan khususnya bagi Umat Muslim.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Ketua Pokjaluh Provinsi Kalimantan Barat H. Abd. Hay Bari, S.Ag dengan menghadirkan narasumber dari IAIN Pontianak Dr. H. Harjani Hefnii, Lc, MA dengan judul "Memperingati Nuzulul Qur'an Bersama Keluarga Inti".

Sementara itu Kakanwil Kemenag Kalbar Drs H. Ridwansyah menuturkan bahwa dimasa darurat pandemi Covid-19 layanan pembinaan terhadap umat beragama harus terus dilakukan walaupun hanya dengan menggunakan media online line streaming melalui Facebook Resmi Kanwil Kemenag Kalbar dan media lainnya.

“Pembinaan Mental Spiritual ASN dan Umat  berbasis Online terus kita lakukan dengan menggunakan kemajuan tehnologi, seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram maupun dengan menggunakan aplikasi Zoom Metting sebagai bentuk layanan dimasa pandemi caovid-19” katanya.

Lebih lanjut Ridwansyah menjelaskan bahwa Kondisi darurat pandemi Covid-19 menuntut masyarakat khususnya ASN Kementerian Agama untuk mampu menggunakan media Informasi online secara maksimal, baik dalam memberikan layanan kepada masyarakat, maupun saat kerja dari rumah.

Sementara itu Kepala Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag Kalbar, Kaharuddin menjelaskan bahwa program yang dibangun menggunakan media online tidak hanya pembinaan umat melalui Live Streaming Taushiyah Ramadhan saja, akan tetapi hampir seluruh program selama ramadhan disampaikan melalui Media.

“Selain Program Live Streaming Taushiyah Ramadhan 1441 H, Kami juga telah menerbitkan panduan Amaliyah Ramadhan, Panduan Pelaksanaan Zakat selama pandemi Covid-19, yang dapat di akses dan di download melalui situs website Kanwil Kemenag Kalbar (kalbar.kemenag.go.id)” katanya. (Ir)