Sukadana 27 Agustus 2015, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara melakukan Pembinaan Pegawai yang dihadiri oleh semua pegawai dari semua satker di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara.

Pembiayaan tersebut langsung dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama yakni Bapak Sy.Machmud, SH. Mengawali pembinaan tersebut beliau menceritakan pelajaran dari hadist Rasulullah yakni jangan sampai kita menceritakan aib dan mengghibah orang lain. Dalam pembinaan tersebut ada beberapa hal yang beliau sampaikan :

1. Setiap surat harus diparaf minimal 3 orang ( waskat bersama )

2. Setiap kegiatan harus ada output dan outcome yang jelas agar kegiatan dapat dipertanggungjawabkan

3. Realisasi anggaran Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara masih rendah agar segera dipercepat lagi, terakhir Bimas Islam 20 %, Pendis 35 %, Kristen 20 %, Min 69 %, MTs 50 %, Sekretariat 30 %.

4. Assesment wajib dilaksanakan oleh semua pejabat untuk mengetes kemampuan dan memenuhi SKJ : Standar Kompetensi Jabatan dan mempersiapkan Pejabat yang akan dipromosikan dan atau untuk roling jabatan yang memenuhi kompetensi jabatan yang dipersyaratkan, khusunya eselon III, IV, V, JFU

5. Menerapkan 5 budaya kerja harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, Karyawan Kemenag agar memprakarsai perubahan, inovatif dan kreatif

6. PNS jangan terlibat langsung dalam parpol, fokus saja ke tupoksi sebagai pegawai / atau netral

7. Sebagai evaluasi hampir setiap kegiatan di satker tidak diekspos ke Media, oleh karenanya setiap satker dan seksi agar senantiasa berkoodinasi dengan tim PPID Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara.

8. Agar semua karyawan mensukseskan pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji, yang insya Allah akan diberangkatkan tanggal 4 September yang akan datang. Demikian beberapa materi pembinaan yang disampaikan oleh Kepala Kantor, dan seluruh peserta antusias mengikuti pembinaan tersebut buktinya banyak dari peserta yang melakukan tanya jawab.

Mudah-mudahan dengan adanya pembinaan tersebut dapat memotivasi dan mendorong PNS dilingkungan Kantor Kementerian Agama agar dapat melaksanakan tugas dengan sekai-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan di dunia maupun akhirat. ( Penyuluh Agama Islam / Sekretasis PPID ).