SINGKAWANG _ Dalam rangka meningkatkan mutu dan kemampuan serta untuk memupuk gairah dalam bekerja bagi pegawainya, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan kegiatan Pembinaan Pegawai / Aparatur Sipil Negara (ASN) pada rabu (15/3) di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Kegiatan pembinaan yang dihadiri oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang ini dimulai pada pukul 08.00 WIB setelah dilaksanakan apel pagi bersama di halaman Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Mengawali arahannya, Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si menyampaikan bahwa tujuan awal menjadi ASN adalah untuk bekerja. “Dimanapun kita ditempatkan, apakah di Kantor, KUA atau Madrasah, serta apapun jabatan kita, mari kita kembali pada tujuan awal kita menjadi pegawai yaitu untuk bekerja,” ucapnya. Untuk itu, ia mengharapkan sebagai PNS harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan bekerja sesuai regulasi yang telah ditetapkan, berdasarkan visi dan misi serta harus bisa menempatkan diri dengan 5 (lima) nilai budaya kerja Kementerian Agama.

Pada kegiatan ini Nahruji juga menyampaikan beberapa hal hasil koordinasi dan konfirmasi dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat diantaranya tentang kuota haji Kota Singkawang tahun 2017. Ia menjelaskan bahwa kuota haji untuk Kota Singkawang berjumlah 100 orang dan mendapat tambahan 10 orang, sehingga pada tahun 2017 Kota Singkawang akan memberangkatkan 110 orang jemaah haji.

Kembali disampaikan Nahruji bahwa proses pengurusan paspor bagi masyarakat yang akan berangkat haji dan umrah di Kantor Imigrasi harus ada rekomendasi dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. Hal ini guna menghindarkan tindak penipuan oleh oknum atau agen/travel umrah yang tidak bertanggung jawab.(Jk/hms)