MEMPAWAH: Penyelenggara Buddha Kementerian Agama Kabupaten Mempawah menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pengurus Vihara Kabupaten Mempawah, Selasa (19/05/15) di Aula Kementerian Agama Kabupaten Mempawah.

Kamaludin, S.Pd.I selaku Kasubag TU menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua peserta yang bisa hadir dalam acara pembinaan tersebut. peran dan kerjasama antar pemeluk agama dalam rangka meningkatkan rasa persatuan, toleransi, serta ketenangan dan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah masing-masing sangat diperlukan pada saat ini, tutur Kamaludin saat membuka acara pembukaan.

Acara yang dihadiri 20 orang peserta ini berlangsung dengan sukses dimulai pukul 07.00 s.d 16.00 dengan pemateri scara bergantian. Ada tiga materi yang disampaikan pada acara tersebut yaitu Kebijakan Kantor Kementerian Agama Terhadap Pembinaan Kerukunan Umat Beragama oleh Kamaludin, S.Pd.I, Pengelolaan Organisasi Buddhis dan Aset Vihara oleh Yanto, SE, S.Pd.B, dan Manajemen Kepengurusan Tempat Ibadah oleh Saryono, S.Ag, M.Si.

Dalam materinya Kamaludin menekankan untuk melaksanakan SKB Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No.8 dan No.9 Tahun 2006 serta berperan aktif dalam pemberdayaan FKUB.

Selain itu Kamaludin juga berharap kepada seluruh pengurus Vihara agar melakukan upaya dalam hal membangun solidaritas tokoh umat beragama, melakukan jaringan kerjasama antar umat beragama, dan selalu bersama-sama dalam memelihara kerukunan umat beragama.

Penyelenggara Buddha Tri Wiriyawati, S.Ag mengharapakan kepada seluruh jajaran pengurus Vihara di Wilayah Kabupaten Mempawah agar selalu berkoordinasi dalam membangun kerjasama, selain itu peran dan fungsi Vihara harus jadikan sebagai tempat ibadah yang bisa menjadikan pemeluk agama yang taat dalam menjalankan Agama. (rudi/mpw).