Singkawang. Bertempat di pantai Kura-Kura Beach Kabupaten Bengkayang, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kota Singkawang menyelenggarakan kegiatan pembinaan penyuluh PNS dan Non PNS se-Kota Singkawang, Rabu (18/11). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si, Kepala kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Mhd. Natsir, M.Ag yang didampingi oleh Kasi Bimas Islam, Bulyamin Hadimin, S.HI, dan Kepala KUA se-Kota Singkawang.

Kegiatan diawali oleh sambutan Ketua FKPAI Kota Singkawang, H. Marsina M. Daris, S. Ag yang menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai forum silaturrahim penyuluh agama PNS dan non PNS. Adapun Mhd. Natsir dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama Kantor Kemenag Kota Singkawang beliau mengucapkan terima kasih kepada FKPAI Kota Singkawang yang telah mampu melaksanakan kegiatan dimaksud. Beliau berpesan agar jangan lupa menjaga akhlaq sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW. “Harus menjaga wudhu dalam upaya ketenangan lahir dan bathin. Selain itu penyuluh harus mampu membaca Al-Qur'an dengan baik.” ujarnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tausiyah yang diisi oleh narasumber yaitu DR. H. Arnadi Arkan, M.Pd. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan tentang Ukhuwah yang memiliki 3 tingkatan/ tahapan, yaitu Ta'aruf atau kenal; Tafahum atau faham; Ta'awun atau saling tolong menolong dan Takaful atau saling menanggung. Sedangkan faktor penguat ukhuwah yaitu Silaturahim dan perhatian dengan kawan. Adapun yang merusak ukhuwah antara lain mengolok-olok, mencaci maki dan menghina serta prasangka buruk.(DH/skw)