Dalam rangka sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu tahun 2015 (PBDT 2015) dan program perlindungan sosial, serta untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemutakhiran Basis Data Terpadu sampai dengan pencacahan lengkap ,maka diadakan kegiatan sosialisasi pemutakhiran basis data terpadu ( PBDT) 2015. Sosialisasi bertempat di Hotel Mahkota Pontianak pada hari Senin 11 Mei 2015. Kegaiatan ini di ikuti oleh seluruh SKPD, BPS Kabupaten / Kota dan organisasi sosial Se- Kalimantan Barat dengan jumlah peserta sosialisasi sebanyak 80 Orang. Kanwil Kemenag Kalbar mengutus Kasubbag Informasi dan Humas, Dra.Hj.Sangadah sebagai peserta kegiatan.

Acara sosialisasi ini dibuka langsung oleh Gubernur Kal-Bar, Drs.Cornelis MH. Dalam sambutannya Gubernur mengharapkan agar BPS (Badan Pusat Statistik) dapat mendata dengan benar. Data tersebut kemudian dianalisis. Diharapkan juga kepada Biro Pusat statistik agar mendata para tentara dan polisi yang berpangkat rendah, supaya kelak ketika mereka pensiun sudah lebih sejahtera dan sudah memiliki rumah sebagai tempat tinggal. Bekerjalah dengan teliti sehingga datanya bisa dipertanggung jawabkan ujar Gubernur.

Gubernur sempat mengkritisi bahwa acara ini bukanlah sebuah sosialisasi tapi ini adalah perintah negara yang harus dikerjakan sesuai dengan amanat Inpres No 7 tahun 2014. Oleh karenanya organisasi pemerintah yang ada agar dapat difungsikan dengan baik, harapnya. Ia juga mengatakan akan memberikan dukungan kepada BPS dalam mendata dengan memerintahkan seluruh Bupati dan wali kota untuk menggerakkan seluruh jajaran BPS Kabupaten/Kota Se-Kalbar. Dengan demikian diharapkan akan tercapai data yang tepat waktu dan tepat sasaran.(Sgdh_Humas Kemenag Kalbar)