Seperti pernah diberitakan sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-74 Tahun 2020, Kantor Kemenag Kota Pontianak menggelar lomba masjid teladan. Ada enam masjid yang mewakili enam kecamatan yang ada di wilayah Kota Pontianak. Setiap kecamatan hanya diambil satu masjid terpilih sebagai peserta lomba masjid teladan. Penetapan masjid sebagai peserta lomba dari setiap kecamatan, berdasarkan penilaian dari Kepala KUA dan berkoordinasi dengan Camat di wilayah setempat.

Adapun enam masjid yang menjadi peserta dalam lomba masjid teladan Kota Pontianak adalah, dari Kecamatan Pontianak Kota diwakili Masjid Darul Falah Jalan Prof. Dr. M. Yamin. Kecamatan Pontianak Barat, Masjid Al-Falah Jalan HR. A. Rahman. Pontianak Utara, Masjid Al-Isra’ Jalan Khatulistiwa. Pontianak Timur, Masjid Arrafi’ul A’la di Jalan Samanhudi. Pontianak Tenggara, Masjid Baiturrahim Jalan Parit H. Husin 1. Sedangkan di Kecamatan Pontianak Selatan, diwakili Masjid Al-Ikhlas Jalan Wonoyoso.

Penilaian lomba masjid teladan berlangsung dari tanggal 10-12 Desember 2019 yang lalu, di enam kecamatan yang ada di wilayah Kota Pontianak. Setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai, maka diperoleh hasil, Masjid Darul Falah Kecamatan Pontianak Kota sebagai Juara I Lomba Masjid Teladan Kota Pontianak. Disusul Masjid Al-Falah Kecamatan Pontianak Barat sebagai Juara II, dan Masjid Al-Isra’ Kecamatan Pontianak Utara sebagai Juara III.

Sedangkan tiga masjid lainnya ditetapkan sebagai Juara Bersama Lomba Masjid Teladan Kota Pontianak dalam rangka HAB Kemenag ke-74 Tahun 2020. Yakni Masjid Baiturrahim Kecamatan Pontianak Tenggara, Masjid Al-Ikhlas Kecamatan Pontianak Selatan, dan Masjid Arrafi’ul A’la Kecamatan Pontianak Timur.

Informasi tersebut disampaikan oleh Koordinator Seksi Lomba Masjid Teladan Drs. H. Zainuddin saat ditemui di ruang kerjanya Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak pada Kamis (9/1/2020). Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dilakukan pada acara Tasyakuran dalam rangka HAB Kemenag ke-74 di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak. Acara berlangsung pada Sabtu, 4 Januari 2020 di Aula Asrama Haji Pontianak.

Kepada para pemenang lomba Masjid Teladan Kota Pontianak diberikan hadiah berupa uang tunai dan sertifikat. Juara I, uang tunai Rp 5 juta dan sertifikat. Juara II, uang tunai Rp 3 juta dan sertifikat. Juara III, uang tunai Rp 2 juta dan sertifikat. Sedangkan untuk juara bersama, masing-masing diberikan uang tunai sebesar Rp 1 juta dan sertifikat.*(sumi/ptk)