SAMBAS Profesionalitas dan kualitas sumber daya manusia personil Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sangat menentukan keberhasilannya dalam memberikan pelayanan bidang Urusan Agama Islam kepada masyarakat.

Berangkat dari pemikiran untuk meningkatkan kualitas pelayanan KUA Kecamatan kepada masyarakat dan mengukur kinerja Kepala KUA diperlukan adanya evaluasi, pembinaan dan penilaian unsur-unsur yang berada di KUA Kecamatan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, propinsi dan kemudian nasional.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan diadakannya pemilihan KUA Kecamatan Teladan. Tahun 2016 KUA Teladan di Kab. Sambas terpilih KUA Kec. Sambas yang pada Selasa (10/05) dilakukan penilaian oleh Tim penilaian KUA Kecamatan Teladan tingkat Propinsi.

Tim propinsi yang terdiri dari tiga orang penilai dan dua orang panitia langsung bertemu dengan Drs. Hakimin Kepala KUA Kec. Sambas untuk melakukan wawancara serta tes sejauhmana penguasaan Kepala KUA Kec. Sambas terhadap tugas pokok dan fungsinya. Dalam penilaian tersebut terlihat Hakimin dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh penilai dengan baik.

Ditetapkannya KUA Kec. Sambas untuk masuk lima KUA Kecamatan untuk dinilai bagi mewakili Propinsi Kalimantan Barat pada ajang nasional adalah setelah penilaian profil KUA Kecamatan Teladan Kabupaten se Kalbar oleh Tim Penilai Propinsi.

Menurut Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kab. Sambas Drs. H. Karlan yang hadir di KUA Kec. Sambas saat penilaian, Drs. Hakimin cukup berpeluang besar untuk menjadi juara pertama KUA Kecamatan Teladan tingkat Propinsi Kalimantan Barat. Hakimin mempunyai kapasitas untuk itu,terang Karlan yakin.

Pada Tahun 2016 ini selain dinominasikan sebagai KUA Kecamatan Teladan, sebelumnya Keluarga Sakinah Teladan dari Kec. Pemangkat Kab. Sambas juga dianggap layak untuk dinilai pada Pemilihan Keluarga Teladan Tingkat Propinsi. (rdn).