Pendafatran CPNS 2018 secara online melalui website resmi SSCN telah dibuka pada tanggal 28 September 2018 dan akan ditutup pada tanggal 15 Oktober 2018 mendatang. Sambutan masyarakat terhadap pembukaan lowongan CPNS oleh pemerintah ini terbilang tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pelamar yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi.

Kementerian Agama sendiri menjadi salah satu instansi vertikal / pusat favorit pilihan para pelamar CPNS. Kementerian Agama menduduki posisi kedua instansi pusat dibawah Kementerian Hukum dan HAM. Pada CPNS kali ini Kemenag membuka lowongan sebanyak 17.175 lowongan untuk seluruh Indonesia.

Di provinsi Kalimantan Barat sendiri, berdasarkan data dari petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, jumlah data pelamar sampai dengan tanggal 12 Oktober 2018 pukul 10.30 WIB dari Website SSCN ada sekitar 1919 data pelamar dan  sekitar 1109 berkas dokumen untuk semua formasi yang tersedia di Kemenag Provinsi Kalimantan Barat. Tentu  jumlah ini akan berubah dan terus bertambah sampai batas waktu pendaftaran yang ditentukan. Untuk Pendaftaran melalui website resmi SSCN akan ditutup pada hari senin, 15 Oktober 2018. Sedangkan untuk penerimaan berkas masih bisa diterima oleh pihak Panitia Penerimaan CPNS Kanwil Kemenag Kalbar sampai dengan tanggal 20 Oktober 2018 pk. 16.00 WIB. (Fachrul/welsi)