Pengawas Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi Sudirman, S.Ag mengikuti Sosialisasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah secara virtual pada tanggal 25 November 2020. Sosialisasi ini diikuti oleh para Kasi Madrasah/Pendis, Pengawas Madrasah se-Kalimantan Barat. Hadir sebagai narasumber adalah Kabid Madrasah H.Kamaludin, Drs. Sumadyo,M.Pd, dan Dra. Wafida, M.Pd. Sosialisasi ini berlangsung dengan baik menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Dari Sosialisasi tersebut Pengawas Madrasah Kemenag Melawi Sudirman, S.Ag menjelaskan tentang hasil keikutsertaannya kepada reporter Website ini. "Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai Kepala Madrasah. Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 menjelaskan bahwa penilaian kinerja Kepala Madrasah meliputi; usaha pengembangan Madrasah yang dilakukan selama menjabat sebagai Kepala Madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan,"jelasnya rinci.

Lebih lanjut pria asal Flores ini mengatakan, "Penilaian kinerja Kepala Madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun. Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh Pengawas Madrasah, sedangkan penilaian kinerja empat tahunan dilaksanakan oleh tim penilai. Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang, atau kurang. Petunjuk teknis ini disusun oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah sebagai acuan dalam pelaksanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah agar penilaian kinerja berjalan secara obyektif, transparan, dan akuntabel, sehingga diperoleh hasil yang valid dan sahih, sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan Kepala Madrasah,"jelasnya mantap.