Minat secara sederhana dapat diartikan sebagai ketertarikan pada suatu hal, sedangkan bakat adalah keahlian dan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Bakat juga sering didefinisikan sebagai kapasitas belajar yang lebih unggul yang membuat anak-anak lebih cepat belajar. Bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik.Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Jadi, dapat disimpulkan minat dan bakat ialah suatu proses pengembangan dalam mencampurkan seluruh kemampuan yang ada untuk mengarahkan individu kepada suatu kegiatan yang diminatinya. 

Pontianak, 1 Agustus 2021 bertepatan dengan hari Minggu masih di tempat yang sama di ruang karya seni pondok Asuhan Al-Adabiy. Mereka para santri dari kelas 1 sampai kelas 3 di haruskan mengembangkan bakat yang mereka miliki, hari ini mereka di kumpulkan di ruangan seni dengan mengikuti protokol kesehatan oleh pelatih dibagian minat dan bakat terkhusus bagian alat seni yakni Marshing Band. Di bagian seni bakat ini mereka benar benar di bimbing dari cara pengenalan alat, menggunakan alat, sampailah bisa memainkannya lewat lagu. 

Pemain dalam alat seni ini berjumlah 70 orang Begitu banyak rentang waktu yang di gunakan dalam menelaah ilmu seni tersebut, dan untuk mendapatkan hasil yang bagus juga harus yang namanya latihan. Adapun jadwal latihannya dari jam 08:00 - 11:00 WIB. Marshing Band di Pondok Asuhan Al Adabiy berdiri pada tahun 2015, dan sudah berjalan selama 7 tahun. Pada tahun 2017 pernah mengikuti perlombaan pada tingkat se- Kalimantan Barat dan alhamdulilah mendapatkan  juara 2. Marshing Band Pondok Asuhan Al Adabiy juga pernah mengisi acara pembukaan MTQ yang diadakan pada tingkat Pontianak Kota dan yang pastinya benar- benar sudah di latih dengan baik.

Ustadz Muhammad Azman selaku pimpinan pondok Asuhan Al-Adabiy mengatakan" Kita buat  nama dari untuk Marshing Band kita, seketika nama Marshing Band ini di beri nama Mercusuar Al-Adabiy". Selain itu Marshing Band Pondok Asuhan Al- Adabiy juga melayani masyarakat yang memerlukan hiburan untuk mengisi acara seperti nikahan dan khitanan, dari pelayanan ini dari pihak pondok tidak menetapkan berapa biaya yang harus di bayar tetapi pihak pondok menekankan seikhlasnya dalam memberi.

Ustadz Muhammad Azman juga mengatakan "Ketika orang membutuhkan pelayanan dari kita dari segi apapun itu maka kita harus siap dan jangan pernah menekankan berapa biaya yang harus di bayar tetapi berapa ikhlas orang itu memberikannya dan bagaimana kita bisa memberikan  pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan puas". Ustadz Muhammad Azman juga pernah mengatakan" Apapun bentuk bakat yang kalian miliki kembangkan dan di gali sampai kalian bisa menciptakan karya sendiri dan bisa berguna untuk kalian ke depannya". Ustadz Muhammad Azman sangat mendukung adanya seni bakat ini dan berharap untuk ke depannya bisa lebih baik lagi dan bisa menciptakan karya- karya lainnya.(Azman Alka)