Singkawang (14/11/2014), Semakin lama Waktupun akan semakin bertambah , zaman pun akan berganti yang membuat kondisi lingkungan bahkan tempat tinggal pun akan berubah.

Di mana keadaan suhu yang meningkat akibat global warming dan polusi yang berasal dari asap rokok, asap pabrik dan asap kendaraan yang setiap tahunnya produksi kendaraan meningkat.

Sehingga udara di lingkungan menjadi tercemar oleh zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Kondisi ini umumnya berlangsung di kawasan perkotaan.

Salah satu upaya yang mesti ditempuh untuk mereduksi dampak buruk yang diakibatkan oleh polusi yang melanda kawasan perkotaan tersebut adalah dengan melakukan penghijauan yang dapat mewujudkan sebuah kawasan hijau.

Ditinjau dari peran dan fungsinya, kawasan hijau perkotaan dapat memberikan jasa-jasanya, baik (a) secara tangibel dengan memberikan manfaat ameliorasi iklim dan manfaat arsitektural, maupun (b) tak tangibel dengan memberikan manfaat kesegaran, kesehatan dan keindahan.

Dari potensi fungsi-fungsi tersebut kawasan hijau perkotaan dapat memberikan kegunaan untuk: (a) keindahan (estetika) wilayah perkotaan, (b) kesegaran lingkungan, kesejukan dan keredupan, (c) penghalau kecepatan angin, penjerap dan penangkal polusi udara, (d) sebagai wahana rekreasi alam dan wisata, (e) sarana pendidikan, serta (f) instrumen kelestarian tanah dan tata air, maupun sumber dan habitat bagi kehidupan liar.

Kesadaran institusi dan atau lembaga, terhadap program pembangunan kawasan hijau, secara berangsur-angsur mulai tumbuh dan berkembang. Kesadaran institusi tersebut, telah menyisihkan sebagian lahannya untuk kepentingan pembangunan kawasan hijau baik dalam bentuk hutan kota, maupun lainnya.

Salah satunya yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama kota Singkawang. Pada hari Jumat (14/11/2014), Ka. Sub. Bag. Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Drs. H. Arnadi, M. Pd beserta staf melakukan gerakan penanaman dan penghijauan dengan cara melakukan penanaman pohon penghijauan di lingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang.

Kegiatan ini dilaksanakan seusai gerak jalan sehat yang biasa dilakukan setiap hari Jumat pagi. Hal ini dilakukan untuk mengingat pentingnya penghijauan, manusia mempunyai peran yang sangat besar di lingkungan sekitar. Menunjukan kepedulian yang terhadap pelestarian lingkungan, penghijauan kantorpun di mulai dengan gerakan penanaman bunga dan pohon.

Selain itu peran yang sangat penting bagi pepohonan yaitu sebagai sumber terbesar penghasil oksigen bagi lingkungan. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya harus melestarikan budaya penghijauan yang akan memberikan kenyamanan untuk diri kita sendiri dan memberikan banyak manfaat yang dihasilkannya.

Aksi penanaman dan penghijauan ini merupakan dengan adanya tanaman ini akan tumbuh dan terus berkembang sehingga membuat lingkungan menjadi hijau dan asri. Adapun suasana kantor yang hijau ini dapat dinikmati orang yang berada di sekitarnya, bukan hal yang tidak mungkin suasana yang nyaman. Sebuah hasil penelitian menunjukkan kalau adanya tanaman di dalam ruangan membuat pekerja lebih bahagia dan mengurangi stres.

Peneliti dari University of Technology, Sydney menyebut tanaman memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan, pendinginan dan mengurangi efek suara berisik. Ditambah lagi, ruangan akan terlihat lebih cantik. Tentu saja hal ini turut mempengaruhi kesehatan dan kinerja pegawai. Pohon mempunyai banyak sekali manfaat untuk kita.

Selain penghasil oksigen (O2) terbesar yang dikeluarkan sehingga dapat mengikat zat beracun dan juga digunakan untuk bernafas oleh makhluk hidup, ada juga pohon dimanfaatkan sebagai tempat berlindung dari cuaca buruk panas maupun hujan, menahan adanya tanah longsor, menyerap air hujan agar tidak terjadi banjir, memberikan unsur hara dalam tanah yang dapat menyuburkan tanah akibat lapuknya daun-daun kering yang berguguran, menjadikan udara lebih sejuk dan memberikan keindahan lingkungan hkususnya Kota Singkawang yang kita cintai....mari kita kembangkan budaya melestarikan lingkungan di sekitar kita.....(Azis/Hum).