Kemena@kalbar. Jum’at, 28/2020, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si terus berupaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang telah mewabah begitu cepat, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Kalimantan Barat.

Ridwansyah berharap agar Konsep informasi pencegahan virus Corona ini disampaikan melalui media sosial resmi Kanwil Kemenag Kalbar dibawah pengendalian Subang Umum dan Humas.

Adapun konsep informasi yang dibangun seharusnya dengan memaksimalkan pesan-pesan yang mudah dipahami dan tidak bertentangan dengan kondisi masyarakat.

Terkait layanan agama dan keagamaan Ridwansyah berharap agar dapat dilaksanakan dengan menggunakan media yang ada. "Intinya bagaimana pesan-pesan pembinaan itu sampai kepada masyarakat," katanya.

Salah satu contoh misalnya protokol layanan di Kantor Urusan Agama (KUA) telah menerapkan SOP layanan pernikahan seperti, memakai sarung tangan, menggunakan masker saat akad dan jumlah yang hadir tidak boleh lebih dari 10 orang. "Informasi ini harus sampai kepada masyarakat" imbuhnya.

Selain itu Ridwansyah juga ingin supaya media online mampu memberikan pembinaan dan  membangun logika masyarakat untuk memahami virus Corona ini jangan salah persepsi, atau melakukan pertentangan dengan program yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga terdapat diskomunikasi dalam menghadapi musibah ini.

"Kita harus mendukung dan bersatu padu dalam melawan virus Corona ini baik dari Tokoh masyarakat, tokoh agama dan pengurus rumah ibadah harus  memiliki persepsi yang sama bersatu padu memperjuangkan serta mengelola jangan sampai virus ini berkembang dengan cepat tetapi harus kita kendalikan" pungkasnya.

Lebih lanjut Ridwansyah menuturkan bahwa memang harus ada dukungan dari semua pihak, dan harus berbesar hati untuk mengenyampingkan perbedaan. "Semua itu bisa kita lakukan di dapur rekaman Humas walaupun durasinya dan sarananya terbatas" katanya. (Ir).