Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) di MAN 1 Ketapang secara online memasuki hari terakhir. PAT online yang dilaksanakan mulai tanggal 2 - 11 Juni 2020 akan segera berakhir. PAT yang dilaksanakan secara online karena pondemi Corona ini berjalan dengan lancar, walaupun ada beberapa kendala antara lain : masih adanya jaringan yang tidak menentu yang mengakibatkan terganggunya para peserta didik untuk menyelesaikan ulangan, adanya beberapa peserta didik yang tidak memiliki HP Android, Laptop atau Komputer. Hal ini tentu menjadi perhatian serius bagi pihak madrasah. Namun demikian masalah-masalah diatas dapat diatasi berkat kerja sama diantara panitia PAT. 

Pantauan hari terakhir pelaksanaan PAT berjalan dengan lancar, hal ini terbukti dengan sudah masuknya hasil PAT online ke guru mata pelajaran masing-masing. Mekanisme yang dilaksanakan di MAN 1 Ketapang adalah tiap-tiap kelas dikoordinir oleh tiap-tiap proktor, kemudian tiap-tiap proktor mengkoordinir pelaksanaan PAT secara online dengan mengaktifkan link yang telah dibuat, hasil dari pekerjaan peserta didik dihimpun oleh tiap-tiap proktor, kemudian tiap-tiap proktor mengshare hasil pekerjaan peserta didik kepada guru mata pelajaran masing-masing. 

Berkat kerja sama yang solid diantara panitia PAT dan didukung oleh sarana yang memadai, maka PAT online semester genap tahun pelajaran 2019/2020 di MAN 1 Ketapang dapat berjalan dengan baik. 

Kepala MAN 1 Ketapang, H. Mauluddin, S.Ag, mengapresiasi pola kerja panitia PAT dan menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan PAT tahun ini sehingga dapat berjalan dengan baik. Kemudian, Mauluddin juga berharap agar peserta didik yang tidak dapat mengikuti PAT dengan baik agar dapat di fasilitasi sehingga para peserta didik dapat mengikuti PAT.