Kemenag@Kalbar. Usai mengikuti Rapat Koordinasi Posko Siaga Covid-19 di operation room Kanwil Kemenag Kalbar. Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar Rohadi, S.Ag, M.Si melakukan pertemuan khusus dengan para Kasubbag, Kamis Siang 16/4/2020.

Rohadi menuturkan bahwa kegiatan rapat tersebut merupakan bagian dari upaya dalam meningkatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

"Dimasa darurat Covid-19 ini, layanan online menjadi salah satu bentuk layanan efektif guna mendukung program pemerintah dalam mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19 khususnya di Wilayah Kalimantan Barat" jelas Rohadi.

Selanjutnya Rohadi menjelaskan bahwa ada tiga tahapan upaya Peningkatan PTSP pada Kanwil Kemenag Kalbar. Tahapan pertama dalam jangka waktu pendek akan dilakukan Konsultasi dengan Mentor, Rapat Tim Efektif, Membentuk Tim Efektif, Sosialisasi  dengan Stakeholder, Merancang  Aplikasi  PTSP dan membuat Aplikasi PTSP pada  Kanwil Kemenag Kalbar.

Tahapan kedua yakni progres kegiatan jangka menengah meliputi Lauching Aplikasi, Sosialisasi Aplikasi, Uji coba Aplikasi, Peresmian penggunaan Aplikasi, Memberikan Bimbingan teknis kepada operator Aplikasi PTSP Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat.

Adapun program untuk jangka panjang akan terus dibangun pengembangan dan pengintegrasian Aplikasi PTSP Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat dengan Seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

“Dalam pelaksanakan program ini tentu akan dilakukan evaluasi terhadap pengembangan dan pengintegrasian dilapangan. Kami berharap mudah-mudahan dengan adanya Aplikasi PTSP ini akan meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya di Wilayah Kalimantan Barat.

Selain dihadiri oleh para Kasubbag di Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar, turut hadir dalam pertemuan tersebut JFT Pranata Komputer Kanwil Kemenag Kalbar Fajrin, ST serta JFU Subbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Kalbar Irwanto dan Welsi Nindya Sari, S.Sos. (Ir)