Berakhir sudah diklat perancangan penyusunan perundang undangan dilingkungan Kementerian Agama yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia dari tanggal 28 Maret sampai Sabtu 02 April 2016. Seluruh rangkaian pembekalan ilmu serta penyusunan sebuah instrumen hukum dilingkungan Instansi yang bermotokan Ikhlas Beramal ini dianggap telah memenuhi 51 jam pelajaran diklat.

Kabid Administrasi Pusdiklat Tenaga Administrasi, H.Suryadi,S.Pd didampingi akademis dari Angkatan 1, Yani,SE dan akademis Angkatan II, Adi,SE saat acara penutupan Sabtu 2 April 2016 menyampaikan bahwa diklat legal drafting ini terbilang baru dilaksanakan oleh Kementerian Agama khususnya Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia, mengingat bahwa jabatan fungsional tertentu yaitu Perancang Peraturan Perundang-Undangan atau Legal Drafter instansi penilainya berada di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, setelah mendapat persetujuan dari institusi yang dipimpin oleh Yasonna Laoly,SH ini, barulah bisa melaksanakannya.

Selain itu menurut pejabat eselon III yang akan memasuki purna tugas di tahun depan ini juga menyampaikan bahwa seyogyanya, diklat penyusunan perancang peraturan perundang-undangan ini harus dilaksanakan selama 2,5 bulan, namun mengingat anggaran, proses tersebut akan dilakukan secara bertahap. Sehingga nantinya setelah memenuhi seluruh persyaratan jam pelajaran barulah bisa mengajukan sebagai jabatan fungsional tertentu Legal Drafter.

Tidak lupa juga H.Suryadi,S.Pd selaku ketua panitia mengharapkan saran dan pesan dari para peserta demi peningkatan kualitas diklat dimasa mendatang yang mencakup materi, nara sumber atau widyaiswara serta akomodasi dan konsumsi. Setiap tahun kami berusaha untuk melakukan perbaikan demi peningkatan mutu diklat ini, tambah Suryadi. Di lingkungan internal Pusdiklat Tenaga Administrasi pun dilakukan evaluasi teknis, sehingga akan menjadi acuan berikutnya tatkala melaksanakan diklat lain maupun sejenis.

Dengan mengucap Alhamdulillah, maka Diklat Legal Drafting Angkatan I dan Angkatan II Kementerian Agama Tahun 2016 dengan ini resmi ditutup, semoga Allah SWT meridhoi segala usaha dan perbuatan yang telah kita laksanakan dari Senin sampai hari ini, dan semoga kita pulang ke rumah masing masing dengan selamat dan dan mengaplikasikan materi yang didapat ditempat kerja masing masing,ungkap Suryadi.

Pelaksanaan diklat yang dimulai sejak Senin Tanggal 28 Maret 02 April 2016 yang berlangsung di Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Jln. Ir.H.Juanda No. 37 Tangerang Selatang Untuk angkatan I terdiri dari Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam, dan Angkatan II di khususkan bagi Kanwil Kementerian Agama Provinsi sebanyak 30 peserta juga. Untuk angkatan 2 (dua) hanya mengundang 18 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Se-Indonesia, yang terdiri dari Sumatera, Jawa, Kalbar, Kalsel, Bali dan Sulawesi Selatan. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalbar mengutus Yuliati Anggraheni,SH dan Aris Sujarwono,SH,MH.

Diklat yang berlangsung selama 6 (enam) hari ini menampilkan nara sumber yang berkompeten baik dari Widya Iswara dilingkungan Badan Litbang dan Diklat juga nara sumber dari Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Setjen Kemenag RI. Total jam pelajaran yaitu 51 JPL. Pembukaan diklat dilakukan langsung oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof.H.Abdurrahman Mas`ud,P.hD.

Semoga seluruh materi yang didapat berguna bagi peserta yang hadir untuk diterapkan di satuan dan unit kerja di provinsi masing masing, terutama dalam hal pembuatan instrumen hukum dan statuter yang ada. Terlebih materi dinamika kelompok dalam merubah pikiran dan cara pandang seorang ASN untuk berubah kearah positif dan lebih maju kedepan guna membesarkan Kementerian Agama. Insya Allah ( AS_Inmas )