SINGKAWANG. Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melakukan pemanggilan awal kepada sebanyak 80 orang calon jemaah haji (CJH) Kota Singkawang Tahun 1438 H / 2017 M pada Kamis (19/1) di Aula Kementerian Agama Kota Singkawang.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini turut dihadiri oleh perwakilan Kabag Kesra Pemkot Singkawang, Kantor Imigrasi, Dinas Kesehatan dan Bank Penerima Angsuran yaitu Bank BNI, BRI Syariah dan Mandiri Syariah. Acara dipimpin langsung oleh Peny. Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. Marhola. Dalam sambutannya Marhola menerangkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka penyampaian informasi haji tentang keberangkatan, persiapan pembuatan paspor dan pembentukan rombongan dan regu bagi calon jemaah haji tahun 2017.

Selanjutnya ia juga menyampaikan bahwa lamanya proses antrian untuk keberangkatan haji, terkadang CJH dan keluarga lebih memilih untuk berangkat umrah. Untuk itu ia mengingatkan agar lebih selektif dalam memilih travel yang akan memberangkatkan ke Tanah Suci guna menghindarkan diri dan keluarga kita dari tindak penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. "Untuk memperoleh informasi seputar agen/travel umrah yang resmi, para jamaah dan keluarga dapat berkonsultasi pada kami (Peny. Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang) setiap hari kerja", tambahnya.

Sementara itu dalam sambutannya Ka. Sub Bag. TU Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang H. Azhari, S.Ag, M.Si mewakili Kepala Kantor yang berhalangan karena menghadiri acara di Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat, menyatakan ada tiga bekal awal yang harus dipersiapkan CJH yaitu bekal kemampuan materi, kemampuan ilmu dan kemampuan fisik. Selanjutnya untuk pembekalan secara teknis CJH akan mendapat penjelasan dari Bank Penerima Angsuran untuk masalah pembayaran/pelunasan biaya berangkat Haji dan Dinas Kesehatan untuk menjaga kondisi kesehatan para CJH Kota Singkawang Tahun 2017.

Pembekalan awal terhadap 80 CJH ini terdiri dari 15 orang CJH asal Kec. Singkawang Barat, 4 orang CJH asal Kec. Singkawang Selatan, 10 orang CJH asal Kec. Singkawang Utara dan 51 orang CJH asal Kec. Singkawang Tengah. (Jk/Hms)