Putussibau – Kapuas Hulu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan kegiatan penyerahan SK Penyuluh Agama Islam Non PNS di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (25/02/2020). Penyerahan SK yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu Syahrul, S.Ag yang didampingi Kasi Bimas Islam Abang Ahmad Syarif, S.HI.

Kasi Bimas Islam mengatakan jumlah Penyuluh Agama Islam Non PNS yang ada di Kapuas Hulu sebanyak 184 orang yang disebar di 23 Kecamatan. Pelaksanaan penyerahan SK dihadiri dua kecamatan yaitu Kecamatan Putussibau Utara sebanyak 12 orang dan Kecamatan Putussibau Selatan sebanyak 16 orang. SK Penyuluh Agama Islam Non PNS yang lainnya akan diserahkan oleh Kepala KUA masing – masing Kecamatan.

Dalam sambutannya Syahrul mengatakan keberadaan Penyuluh diharapkan dapat memberi motivasi, semangat dan dapat menjembatani kegiatan keagamaan di masyarakat. Penyuluh Non PNS merupakan garda terdepan yang terjun langsung ke masyarakat untuk menyampaikan pesan agama. Adapun peran penting Penyuluh Agama Islam Non PNS untuk mencerdaskan umat dengan mengajarkan pemahaman agama agar tidak terjebak dengan faham radikalisme yang dapat memecah belah umat dan bangsa.

Selain itu juga Syahrul mengatakan Penyuluh harus mempunyai inovasi dalam melaksanakan tugasnya, membuat kegiatan keagamaan dengan bergabung dengan Penyuluh Kecamatan lain dan Penyuluh harus aktif dalam kegiatan hari besar islam. Di akhir sambutannya ia mengatakan kita semua merupakan keluarga besar Kementerian Agama maka kita harus patuh dan tunduk pada peraturan dan aturan Kementerian Agama.