Rinto Ahmadi, S.Ag, salah satu penyuluh di Kecamatan Meliau mengikuti kegiatan sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang digelar oleh Diskominfo Kabupaten Sanggau . Kegiatan ini di gelar di Desa Kunyil Meliau pada MInggu (15/11)

Dikatakan, KIM dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat, sehingga merekalah yang nantinya akan berperan sebagai agen, yang menyebarkan informasi kepada masyarakat. Nantinya KIM ini bisa berkoordinasi dengan desa, supaya segala informasi dapat diterima oleh pihak desa baik, selanjutnya bisa disebarkan kepada masyarakat. “Jadi KIM ini akan membantu desa/kelurahan, untuk menyebarkan informasi pemerintahan dan informasi lainnya, kepada masyarakat,” ujar RInto

Dikatakan, peran KIM juga bisa diperluas lagi supaya memiliki nilai tambah, yaitu bisa ditingkatkan pemberdayaannya. Misalnya dengan membentuk kelompok usaha, sehingga dimasa mendatang dapat berperan untuk pemberdayaan ekonomi anggotanya. “Pada akhirnya, KIM juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masing-masing desa/kelurahan tersebut,” paparnya.

Melalui KIM diharapkan masyarakat menuju era masyarakat informatif, yang mana KIM dapat berperan aktif dalam lini masyarakat, terutama mencetak wartawan desa menuju era desa informatif, sebagai ujung tombak menyampaikan dan mendiseminasikan informasi ke masyarakat, terutama untuk menyingkapi informasi yang tidak benar (hoax).

"Nanti saya akan coba masuk ke kelompok KIM ini melalui pendekatan agama" papar Rinto