Sekadau (08/03/2015)- Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW bisa dikatakan sebagai ritual yang telah dilaksanakan turun temurun, generasi ke generasi oleh sebagian umat muslim di Kabupaten Sekadau.

Perayaan ini dijadikan lambang oleh kebanyakan manusia akan kecintaan terhadap Rasulullah Ketika memasuki bulan Rabiul Awal, umat Islam merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan berbagai cara yang sederhana maupun dengan cara yang cukup meriah.

Pembacaan Shalawat, Barzanji dan Pengajian-pengajian yang mengisahkan Sejarah Nabi Muhammad SAW menghiasi hari-hari pada bulan itu. Jadi pada hakikatnya perayaan maulid Nabi Muhammad SAW itu merupakan bentuk pengungkapan rasa senang dan syukur atas terutusnya Nabi Muhammad SAW ke dunia ini.

Salah satu upaya sebagian masyarakat muslim Kabupaten Sekadau dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah dengan diadakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dusun Semaong Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

Pada kegiatan Maulid itu juga dilaksanakan gunting rambut yang dilaksanakan pada minggu, 8 maret 2015 jam 09.00 Wib bertempat di Masjid Ar-rahman diikuti oleh umat muslim di desa Semaong, Majelis Taklim dan pengurus-pengurus masjid yang ada di kabupaten Sekadau.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau Drs. M.Taufik. Pada saat menyampaikan tausiyah Drs. M.Taufik mengatakan salah satu tugas Kementerian Agama adalah membimbing masyarakat dalam hal Agama.

Sedangkan tujuan dilakukan Maulid ini tergantung niat, dengan niat yang baik Insyaallah akan mendapatkan Ridho dari Allah SWT. Selain itu Maulid juga bertujuan untuk menanamkan dan menambah kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW, ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan bahwa di Kabupaten Sekadau Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan selama 4 bulan, berbeda dengan di tempat lain, paparnya.

Dalam Maulid seperti ini semoga ada manfaatnya, artinya supaya lebih mengenal Rasulullah, tambah cinta rasul dengan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga lanjutnya, agar masyarakat senantiasa memakmurkan Masjid,harapannya.(A.Hms_KemenagSKD)