Senin (24/02/2020) hari pertama simulasi UN-BK, di MAN Kayong Utara (MANKU) tahun pelajaran 2019/2020, mapel Bahasa Inggris. Sejak awal berdiri dengan status masih madrasah swasta sampai ditetapkan sebagai Madrasah Aliyah Negeri Kayong Utara pada akhir tahun 2018, (MANKU) masih menumpang di SMKN 1 Sukadana-Kayong Utara untuk setiap kali UN-BK. Hal ini tentu menuntut mobilisasi yang tidak mudah selain biaya yang tidak murah.

Madrasah Aliyah Negeri Kayong Utara memberanikan diri menyelenggarakan UN-BK di tempat sendiri dengan tetap mengacu pada Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) walaupun dengan swadaya semua warga madrasah seperti penyediaan Komputer client meminjam laptop yang dimiliki tenaga pendidik dan kependidikan bahkan beberapa juga milik peserta didik.

Berbekal keyakinan dan dengan sinergisitas semua warga Madrasah serta tetap berkoordinasi dan meminta pendampingan kepada SMKN 1 Sukadana-Kayong Utara sebagai tempat penyelenggara induk sebelumnya seperti dalam hal penggunaan komputer Server dan jasa teknisi, MANKU akan terus belajar dan memberanikan diri menjadi penyelenggara Ujian Akhir di “Rumah sendiri”.