Kemenag@Kalbar. Pada Kamis pagi, 3/12/2020, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si bersama Bupati Kapuas Hulu H.M. Nasit, SH meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu.

Peresmian PTSP tersebut ditandai dengan pemukulan Gong dan pengguntingan Pita di depan pintu masuk Kantor Kemenag Kapuas Hulu. Dalam sambutannya Ridwansyah memberikan apresiasi kepada Kepala Kakan Kemenag Kapuas Hulu Syahrul, S.Ag beserta jajarannya atas  inovasi yang dilakukan dengan membuka PTSP.

“Dimasa Pandemi Covid-19, kehadiran PTSP ini tentu sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan layanan kepada masyarakat” jelas Ridwansyah kepada seluruh undangan yang hadir pada peresmian tersebut.

Menurutnya, pelayanan dan pemenuhan keperluan publik menjadi bagian penting dari upaya membangun kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu penyelenggaraannya harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan publik, karena kepuasan layanan publik merupakan bagian dari indikator baiknya pelayanan di suatu instansi Pemerintah.

‘’Saya menyambut baik hadirnya PTSP di Kemenag ini, sebagai bagian dari reformasi birokrasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan mudah, cepat dan transparan sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal dan memuaskan,’’ Imbuhnya.

Lebih lanjut Ridwansyah menuturkan bahwa tujuan dibentuknya Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah untuk memberikan pelayanan yang prima, akuntabel, dan anti korupsi, kolusi, nepotisme. Sehingga terwujud proses pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Selain itu ada prinsip-prinsip Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang harus diperhatikan lebih-lebih dimasa pandemi Covid-19 yaitu keterpaduan, Efektif, Efisien, Ekonomis, Koordinasi, Akuntabilitas dan Aksesibilitas yang semuanya itu bisa dilakukan melalui media online. (Ir)