Peringatan hari jadi Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia ke 75 atau lebih dikenal dengan Hari Amal Bhakti (HAB) dilaksanakan Kantor Kemenag Sekadau pada Selasa (05/1/2021). Berlangsung di halaman Kantor yang di ikuti Aparatur Sipil di lingkungan Kemenag Sekadau, peringatan hari jadi kementerian agama digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara Kepala Kemenag Sekadau H.Tengku Indra Kusuma, S.Pd.I, M.Si yang dalam kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Agama. Upacara berlangsung khidmat turut dihadiri Kasubbag TU Muslimun, S.Ag beserta Kasi Penyelenggara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Sekadau bersama anggota. 

Dalam sambutannya Menteri Agama yang dibacakan Kepala Kemenag Sekadau, Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 3 Januari, yang pada tahun 2021 ini merupakan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 75 dilaksanakan dengan Upacara Peringatan dan Doa serta ramah tamah.

Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema "Indonesia Rukun". Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

Menteri Agama mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Diakhir sambutannya Menag berharap,"Semoga pandemi Covid-19 yang menjadi ujian berat bagi bangsa dan kemanusiaan ini, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah. "Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara," tutupnya. (Andre)