Senin, 26 Agustus 2019, 11:28 irvansuri

Salam Pramuka,

PERJUSAMI ( Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu ) adalah kegiatan kepramukaan sebagai program Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN ) 2 Landak, dalam bentuk perkemahan selama tiga hari, dimulai dari hari Jum’at sampai hari Minggu yang di selenggarakan secara rutin setiap tahunnya .

Tahun 2019 kegiatan PERJUSAMI di laksanakan pada tanggal 23 sd 25 Agustus 2019 di halaman sekolah MIN 2 LANDAK di ikuti lebih banyak lagi dari beberapa SD yang tersebar di sekitar kec. Menyuke Kab. Landak.

Bpk. Muhammad Ihsan, S.Pd.I, Kepala Madrasah MIN 2 LANDAK selaku Pembina Gugus Depan MIN 2 Landak menjelaskan dihadapan  para pembina PRAMUKA dari beberapa SDN yang ikut sebagai peserta dalam kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa sebenarnya kegiatan PERJUSAMI adalah program perkemahan yang diselenggarakan dan diikuti khusus oleh madrasah, tapi dalam perkembangannya sambutan sekolah-sekolah selain madrasah menyampaikan keinginannya untuk bergabung dengan kegiatan tersebut. Sehingga beliaupun  menyambut positif keinginan sekolah lain yang ingin bergabung.

Kembali beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan PERJUSAMI tidak hanya diikuti madrasah saja, tapi juga diikuti oleh sekolah SDN yang lain, tahun peserta PERJUSAMI sebanyak 145 peserta, kepanitian perjusami di selenggarakan  secara gabungan serta dibantu mahasiswa-mahsiswa IAIN Pontianak yang kebetulan melaksanakan kegiana KKL (Kuliah Kerja Nyata) di Kecamatan Menyuke.

Selaku ketua panitia Nuzumuzzaman, S.Pd.I, dari MIN 2 Landak menjelaskan bahwa kegiatan PERJUSAMI  diawali dengan registrasi peserta yang di kordinir oleh Bpk. Winarto, S.Pd. Adapaun susunan acara upacara pembukaan sebagai berikut :

SUSUNAN ACARA UPACARA PEMBUKAAN PERJUSAMI :

  1. Pemimpin regu menyiapkan pasukan
  2. Pratama upacara memasuki lapangan upacara
  3. Penghormatan kepada pembina upacara
  4. Laporan peserta upacara
  5. Penjemputan pembina upacara
  6. Penghormatan kepada pembina upacara
  7. Laporan pratama upacara kepada pembina upacara
  8. Pengibaran bendera merah putih
  9. Mengheningkan cipta
  10. Pengucapan Tri Satya dan Dasa Darma
  11. Amanat pembina upacara
  12. Menyanyikan lagu hymne pramuka.
  13. Pembacaan Do’a.

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan hikmat dan sangat bermakna,

Pembina upacara adalah Bapak R. Dolok Saribu selaku KAPOLSEK Menyuke, dalam amanatnya  menyampaikan beberapa hal penting. Pembina upacar mengawali amanatnya dengan ungkapan syukur dan  bahagia, sangat senang atas kegiatan ini, mengajak peserta uttuk melakukan tepuk pramuka

Beliau menyampaikan juga beberapa poin penting, bahwa peserta terdiri dari kelompok siaga dan penggalang di jelaskan bahwa program PERJUSAMI adalah program MI untuk menggalang minat pramuka, pembina juga mengenalkan beberapa istilah dalam perkemahan pramuka selain. Yaitu PERSAMI,  PERSESA.

Akhir amanatnya disampaikan tentang mengapa ikut pramuka,yaitu pramuka adalah kegiatan  yang identik dengan pendidikan, menyenangkan dan disiplin.

Kemudian pembina upacara menutup amanatnya dengan mengajak peserta untuk mengucapkan bersama Salam PPK: cerdas, berkarakter, menyenangkan, luar biasa.

Salam Pramuka,                                  

irvansuri/pendis

Berita Terbaru