SINGKAWANG. Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan menguatkan fungsi Rohani Islam (Rohis) di SMA dan SMK, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang pada Kamis (6/11) bertempat di Hotel Hongkong Inn menggelar kegiatan Pembinaan Rohis untuk siswa SMA/SMK se-Kota Singkawang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs.H.Jawani ketika membuka kegiatan tersebut mengemukakan bahwa perkembangan Rohis di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini menunjukkan kearah yang cukup menggembirakan. Menurutnya Rohis di SMA dan SMK adalah salah satu pionir perubahan yang harus diteladani dan ditiru oleh anggota maupun siswa pada umumnya.

Aktivis Rohis merupakan qudwah hasanah dalam hal menyeimbangkan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengamalan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, sebutnya. Dikatakan Jawani, Rohis seperti oase yang memberikan warna berbeda dalam belantika dunia remaja yang akhir-akhir ini semakin memprihatinkan.

Kita semua harus bisa mengantisipasi hal-hal yang membahayakan kehidupan remaja. Salah satu upaya untuk menangkal kenakalan remaja tersebut dengan melakukan kegiatan Rohis, ungkapnya.

Kemudian kata Jawani ada kabar yang menggembirakan, bahwa pada tahun ini ada salah seorang siswa SMA 1 Kota Singkawang atas nama M. Alfan Khairuzzaman terpilih untuk mewakili Kalimantan Barat dalam kegiatan Perkemahan Rohis SMA/SMK Tingkat Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta pada 11-15 Nopember 2014.

Sementara itu Kasi Pendidikan Islam Kankemenag Kota Singkawang, Azhari menjelaskan bahwa kegiatan Pembinaan Rohis SMA/SMK ini diikuti sebanyak 36 peserta.

Adapun sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Kota Singkawang Drs.H. Arnadi Arkan, M.Pd yang berbicara mengenai pentingnya Rohis dalam kehidupan beragama, H. Abdul Halim, Lc yang berbicara mengenai metode dakwah dalam pembinaan Rohis, dan H.Jahri, S.Ag yang berbicara mengenai latihan dasar kepemimpinan dalam Rohis. (Miftah)