Mempawah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah kejuruan yang memiliki tujuan yaitu pertama untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang produktif, mampu bekerja sendiri, mengisi lowongan kerja yang ada. Adapun tujuan lainnya ialah membentuk peserta didik agar mampu memilih karir, ulet, gigih dalam berkompetensi sehingga mampu berkembang dikemudian hari.

SMK memberikan kesempatan yang mana kesempatan tersebut merupakan program wajib sekolah kejuruan. Program tersebut dikenal dengan nama magang atau PKL (pelatihan kerja lapangan) guna memperoleh pengalaman kerja. Program PKL ini diberikan selama waktu tertentu dengan memerintahkan beberap siswa/i atau secara individual untuk melakukan praktek kerja lapangan di sebuah perusahaan maupun Instansi pemerintah dan hal ini juga disesuaikan dengan kejuruan yang di ampu.

SMKN 1 Sungai Raya Kepulauan merupakan salah satu SMK Negeri di Kabupaten Bengkayang telah mengutus salah satu Siswi kelas XI jurusan akuntansi bernama Puja Aulia sejak Nopember 2018 lalu ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah. Setelah melalui proses surat menyurat, siswi tersebut pun diterima dan sudah mulai melakukan praktek kerjanya sejak 3 Desember 2018.

Puja ditempatkan di sebuah ruang di salah satu bagian pada Kantor Kemenag Mempawah, yaitu bagian Keuangan. Hari-hari ia jalani program PKL tersebut dengan cukup giat serta dapat menerima masukan dan juga saran. Teguran saat bekerja merupakan hal biasa, karena sebagai manusia apalagi pemula tidak pernah luput dari kesalahan dalam melakukan sesuatu.

Tiba saatnya pada hari Kamis 28 Nopember 2019, puja telah menjalani PKL dan telah menyelesaikan kewajibannya. Kewajiban seorang peserta didik yang menduduki bangku sekolah kejuruan. “Sudah tiga bulan Puja melaksanakan magangnya dan ia laksanakan tugasnya dengan baik” tutur latipah (bendahara pengeluaran) yang merupakan pembimbingnya Puja saat magang di Kantor Kemenag Mempawah.

Kamis sore itu saat melaksanakan apel, salah satu pengawas madrasah tingkat Tsanawiyah dan Aliyah Kantor Kemenag Mempawah Sahara, S.Ag memberikan kado kepada Puja Aulia sebagai simbolis perpisahan siswi magang. Tidak dengan sengaja puja pun meneteskan air mata, karena merasa terharu. Telah melaksanakan PKL selama tiga bulan dan sudah menganggap ibu bapak pegawai Kantor Kemenag sebagai orang tua sendiri. “belajar yang rajin agar kelak sukses,” tutur Sahara saat penyerahan kado tersebut. Semoga apa yang didapat puja selama magang di Kantor Kemenag Mempawah bermanfaat dan menjadi ilmu guna memperluas pengetahuannya. (Siradj/Mpw)