(SINGKAWANG) Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Penyelenggara Haji dan Umrah melakukan persiapan Haji 1437 H/ 2016 M dengan memanggil calon jamaah haji untuk rapat menentukan jadwal manasik kecamatan dan pengukuran pakaian di aula Kantor Kemenag Kota Singkawang pada Sabtu (17/6/16) bertepatan pada 13 Ramadhan 1437 H. Hadir dalam kesempatan tersebut Kabag Kesra Pemkot, Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Singkawang, para panitia dan para calon jamaah haji.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. Marhola selaku Penyelenggara Haji dan Umrah berkata Tahun ini kita masih seperti tahun lalu. Kuota kita masih 80 orang dan kita tidak ada petugas daerah atau TPHD Kota Singkawang. Untuk Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji, dan Petugas Kesehatan sudah dipersiapkan dari Provinsi Kalbar dalam satu Tim Petugas Haji pusat dan daerah. Sekarang kita lagi melaksanakan manasik kelompok kecamatan dan massal Kabupaten/ Kota. Disamping itu dipersilahkan bagi para calon jemaah haji untuk melakukan manasik secara privat/ masing-masing.

Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang, Drs. H. Jawani menyambut baik langkah-langkah kerja yang telah dilakukan Panitia Penyelenggara Haji Kota Singkawang. Ini adalah kerjasama kita dengan Pemkot, khususnya Kabag Kesra, Kadis Perhubungan, Ka. Imigrasi dan dinas/ instansi terkait lainnya.

Kita sudah rapat bersama panitia Kota Singkawang, karena tak terasa setelah Lebaran sekitar bulan Agustus, jamaah kita harus sudah siap untuk berangkat. Kita doakan selamat dan jangan ada cobaan seperti tahun lalu, demikian ujar Kankemenag Kota Singkawang ketika dihubungi di ruang kerjanya.

Lebih lanjut lagi Beliau mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan haji ada lima sukses yang patut kita laksanakan dengan sukses pula, yaitu (1) Panitia Penyelenggara dengan kesiapannya; (2) Calon Jamaah Haji dengan kesehatan lahir batin; (3) Ilmu manasik dalam ibadah haji dan umroh; (4) Perlengkapan administrasi dan perbekalan lainnya; dan (5) Biaya perjalanan haji dan keperluan lainnya.

Ini patut menjadi perhatian kita semua dalam mensukseskan penyelenggaraan haji baik di daerah, Embarkasi maupun di Tanah suci Makkah dan Madinah agar kelak bisa mendapatkan ganjaran haji yang mabrur. Aamiin. (ARI/TU, 17/6/16)