Salah satu tugas dari Kantor Urusan Agama adalah membina berbagai ormas Islam yang ada disetiap Kecamatan. Baik secara rutin maupun bersinergi saja. Ormas tersebut dibina dalam berbagai bentuk kegiatan yang ada, baik majelis taklim,pengajaran Alqur`an bahkan pembinaan pasca haji. Semua terkoordinir dalam tanggung jawab kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan yang ada.

Untuk itulah kiranya, pada hari Rabu Tanggal 22 April 2015, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas mengundang Kepala KUA Kecamatan dan Ketua IPHI ( Ikatan Persatuan Haji Indonesia ) Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas untuk melaksanakan rapat dan koordinasi di Aula Gedung FKUB yang berlokasi di belakang Kantor Kemenag Kabupaten Sambas.

Sekitar 40 peserta hadir memenuhi aula tersebut, dengan wajah penuh optimis dalam mendengarkan arahan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas, H.M.Asmar,S.Pd.I yang langsung membuka acara tersebut. Dan dihadiri oleh beberapa pejabat eselon IV yang menyempatkan diri hadir di opening ceremony nya.

Dalam amanatnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Sambas ini menyatakan bahwa penting kiranya setiap ormas IPHI untuk selalu berkoordinasi dalam setiap kegiatan di lingkungan Kantor Urusan Agama ( KUA ) setempat, karena pengalaman yang pernah didapat saat berangkat ibadah haji menjadi Tamu Allah SWT merupakan bekal berharga untuk membina umat dan majelis taklim setempat.

H.M.Asmar,S.Pd.I yang pernah menjabat sebagai Ka.KanKemenag Bengkayang ini juga menyatakan agar saling membina kerukunan umat baik intern umat beragama, antar umat beragama, maupun antara umat beragama dengan pemerintah.

Sehingga riak riak pertikaian dan perpecahan yang akan muncul dapat diredam, apabila di tingkat bawah telah melaksanakan dengan penuh rasa kekeluargaan demi terwujudnya persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia ini.